Perbedaan Ikan Molly Balon Jantan dan Betina

Apakah perbedaan ikan molly balon jantan dan betina? Ikan balon mempunyai nama asli ikan molly (Poelicia latiphinna). Di dalam bahasa inggris, ikan ini disebut sebagai Sailfin molly. Julukan balon yang disematkan kepada ikan ini bukanlah tanpa sebab lantaran bentuk perutnya yang buncit dan membulat ketika sudah dewasa. Jadilah ikan ini terlihat begitu lucu dan menggemaskan.

Ikan balon juga mempunyai warna-warni yang menarik sesuai dengan jenis varietasnya. Salah satu yang paling populer ialah ikan black molly yang mempunyai warna hitam legam. Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh ikan ini adalah gerak-geriknya yang sangat lincah. Maklum karena ukuran tubuh ikan ini terbilang kecil yakni kurang dari 12 cm.

ikan-balon-jantan-betina.jpg

Ikan Molly Jantan

Ikan molly jantan mempunyai daya pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan ikan molly betina. Jadi dalam usia yang sama, ukuran tubuh si penjantan ini lebih pendek. Namun pertumbuhan sirip ikan jantan jauh lebih cepat sehingga otomatis ukuran sirip-siripnya pun lebih panjang dan lebih lebar daripada ikan molly betina. Ikan jantan juga mempunyai tubuh yang ramping, pergerakan yang lebih gesit, dan warna tubuh yang lebih cerah.

Di belakang sirip perut ikan balon jantan pun terdapat gonopodium yang berbentuk seperti tonjolan. Gonopodium ini merupakan perubahan sirip anal yang berubah menjadi sirip yang panjang. Tepat sekali, ini adalah alat kelamin yang dimiliki oleh ikan molly jantan.

Ikan Molly Betina

Sementara itu, ikan molly betina memiliki postur tubuh yang lebih gemuk. Bentuk perutnya buncit dengan ukuran sirip yang sedang/normal. Alat kelamin ikan balon betina berbentuk lubang serta tidak mempunyai gonopodium. Mayoritas si ikan betina ini memiliki warna tubuh yang kurang cerah sampai kusam. Yang membedakan ialah bentuk kepalanya agak runcing ke depan.

Perbedaan

Terdapat tiga faktor pembeda yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin seekor ikan molly balon, yaitu :

  1. Postur Tubuh

Secara garis besar, ikan molly balon dengan kelamin betina mempunyai perut yang berbentuk lebih bulat ketimbang si penjantan. Apabila dilihat dari atas, perut si betina ini tampak penuh dan gemuk. Berbeda dengan ikan molly balon jantan yang memiliki perut lebih ramping dan cenderung kurus.

  1. Sirip Punggung

Jika diperhatikan dengan seksama, ukuran sirip punggung ikan molly jantan dan betina ternyata tidak sama lho. Pada ikan molly penjantan, sirip punggungnya tinggi dan memanjang hingga ke bagian ekor. Sedangkan sirip punggung ikan molly betina berukuran kecil dan cukup pendek.

  1. Sirip Dubur

Perlu diketahui, posisi sirip ini terletak di dekat bagian dubur ikan molly balon. Sirip dubur yang melengkapi ikan molly jantan telah termodifikasi menjadi alat kelamin yang dinamakan gonopodium. Sementara itu, sirip dubur yang dimiliki oleh ikan molly betina berbentuk seperti kipas yang halus.