Perbedaan Sekrup dan Baut yang Benar

Apakah perbedaan antara sekrup dan baut? Ada banyak peranti yang dapat digunakan untuk menahan/mengikat posisi suatu benda agar tetap menempel terpasang di benda yang lainnya. Dua di antaranya yaitu sekrup dan baut. Meskipun bentuk fisik, cara pemasangan, dan fungsi kegunaan kedua benda ini sangat berbeda, nyatanya masih banyak masyarakat yang masih kesulitan dalam membedakan sekrup dengan baut.

Berdasarkan pengertian yang terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sekrup ialah pasak (paku besi) dan sebagainya yang berulir (dimasukkan pada kayu, besi, dan sebagainya dengan diputar). Sedangkan pengertian dari baut yaitu batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Lantas, apa sih bedanya sekrup dengan baut?

perbedaan-sekrup-dan-baut.jpg

Sekrup

Sekrup adalah pasak (paku besi) dan sebagainya yang berulir (dimasukkan pada kayu, besi, dan sebagainya dengan diputar). Di dalam bahasa inggris, sekrup bisa diterjemahkan sebagai screw. Sekrup memiliki ulir yang penuh dari bagian kepala sampai kakinya. Sekrup juga mempunyai ujung yang lancip. Anda membutuhkan obeng untuk memasangkan sekrup ke dalam dudukannya.

Baut

Baut adalah batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Kata dalam bahasa inggris untuk menyebutkan baut ialah bolt, sedangkan mur yaitu nut. Baut mempunyai ulir yang tidak penuh atau tidak sampai pada bagian kepalanya. Untuk memasang baut pada lubang dudukannya, Anda harus menggunakan peralatan dan perlengkapan berupa kunci dengan ukuran yang tepat.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara sekrup dan baut versi Farof, yaitu :

  1. Sekrup memiliki ulir yang penuh sampai bagian kepala. Sedangkan baut mempunyai ulir yang tidak mencapai bagian kepalanya.
  2. Bentuk ujung kaki sekrup adalah lancip. Sementara ujung kaki baut berbentuk datar.
  3. Berbeda dengan sekrup, baut dilengkapi dengan pasangan berupa mur.
  4. Sekrup dipasang menggunakan obeng. Namun pemasangan baut harus memakai kunci yang tepat.
  5. Dalam bahasa inggris, sekrup disebut screw dan baut dinamakan bolt.