6 Perbedaan antara Rumah dengan Villa

Apakah perbedaan antara rumah dengan villa? Pada prinsipnya, rumah dan villa sama-sama merupakan tempat tinggal. Bentuk fisik kedua bangunan ini juga sama persis. Namun perbedaannya yang mendasar terletak pada tingkat penggunaan rumah dan villa oleh pemiliknya. Rumah selalu ditinggali setiap hari. Berbeda dengan villa yang dihuni hanya pada hari-hari tertentu, khususnya saat pemiliknya tengah berlibur.

Bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal. Sedangkan villa yaitu rumah mungil di luar kota seperti gunung atau bukit. Jadi bisa disimpulkan bahwa rumah dan villa merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Tapi tahukah Anda, apakah perbedaan yang sebenarnya antara rumah dan villa itu?

perbedaan-rumah-dan-vila.jpg

Rumah

Rumah pada dasarnya adalah tempat tinggal manusia. Rumah berbentuk bangunan yang terdiri dari lantai, dinding, dan atap yang dilengkapi pintu sebagai jalur keluar dan masuk rumah. Fungsi rumah adalah memberikan rasa aman dan nyaman serta melindungi penghuninya dari segala macam marabahaya. Berdasarkan sifatnya terdapat tiga macam rumah yaitu rumah permanen, rumah semi-permanen, dan rumah non-permanen. Selain dari desainnya, nilai rumah juga ditentukan oleh letaknya. Posisi rumah dikatakan strategis jika berada di tengah-tengah pusat keramaian seperti pinggir jalan raya, dekat pasar, dikelilingi fasilitas umum, tidak jauh dari lingkungan perkantoran, dan jangkauannya mudah.

Villa

Secara prinsip, villa adalah rumah yang menjadi tempat peristirahatan sementara di kala pemiliknya sedang berlibur. Adanya villa memungkinkan pemilik tersebut tidak perlu menyewa kamar hotel lagi sehingga budget liburan bisa dianggarkan untuk kepentingan yang lainnya. Oleh karena itu, posisi villa yang paling baik berada di dekat objek wisata, lingkungannya masih asri, dan jauh dari tempat keramaian. Bangunan villa juga lumrahnya mempunyai ukuran yang lebih besar agar mampu menampung penghuni dalam jumlah yang lebih banyak. Meskipun tidak selalu, kebanyakan villa dimiliki oleh beberapa orang untuk menghemat anggaran pembuatan dan perawatannya.

Perbedaan

Berikut ini faktor-faktor yang membedakan antara rumah dan villa :

  1. Semua villa adalah rumah. Namun suatu rumah belum tentu merupakan villa.
  2. Rumah ditinggali setiap hari. Tetapi villa dihuni hanya pada momen-momen tertentu.
  3. Rata-rata villa berukuran lebih besar daripada ukuran rumah pada umumnya.
  4. Posisi rumah yang strategis berada di pusat keramaian. Sebaliknya letak villa yang bagus adalah jauh dari hiruk-pikuk keramaian.
  5. Rumah dilengkapi dengan peralatan dan perabotan rumah tangga yang lengkap. Sedangkan perlengkapan rumah tangga yang ada di villa tidak terlalu lengkap.
  6. Saat ini, rumah banyak dibuat dengan desain modern dan desain minimalis. Berbeda dengan konsep yang dipakai pada villa biasanya mengusung desain alami dan desain mewah.