9 Perbedaan Gula Kelapa dan Gula Aren

Apakah perbedaan antara gula kelapa dan gula aren? Salah satu bumbu masakan yang kerap digunakan untuk membuat kuliner bercitarasa Nusantara adalah gula merah. Seperti kita tahu, ada banyak jenis gula merah yang dijual di pasaran. Misalnya gula kelapa, gula aren, gula tebu, dan lain-lain.

Pada umumnya harga gula aren lebih mahal dibandingkan dengan gula kelapa atau pun gula tebu. Kenaikan harga ini dipicu oleh langkanya keberadaan pohon aren, terutama di Pulau Jawa. Jika diperhatikan dengan seksama, rupa dan rasa gula aren juga berbeda dengan gula kelapa. Gula aren terasa begitu manis, sedangkan gula kelapa terasa manis-manis gurih.

perbedaan-gula-kelapa-aren.jpg

Sebelum kita membahas perbedaan antara keduanya, marilah kita cari tahu terlebih dahulu apa itu gula kelapa serta gula aren.

Gula Kelapa

Gula kelapa terbuat dari nira pohon kelapa. Nira merupakan cairan manis hasil sadapan dari mayang atau bunga kelapa. Beberapa orang juga kerap menyebut nira kelapa sebagai legen. Setelah terkumpul cukup banyak, nira tersebut lantas direbus hingga matang dan teksturnya menjadi semakin kental. Setelah itu, nira rebusan ini dituangkan ke dalam cetakan, lalu dibiarkan hingga mengering. Gula kelapa biasanya memiliki warna yang cokelat hingga cokelat tua. Rasanya juga manis-manis gurih karena dalam proses pembuatannya telah ditambahkan santan. Gula merah pada dasarnya digunakan untuk bumbu penyedap masakan.

Gula Aren

Sama seperti gula kelapa, gula aren pun terbuat dari nira pohon aren. Pohon ini masih berkerabat dengan pohon kelapa dalam famili Arecaceae. Itulah kenapa, bentuk dan struktur pohon aren mirip sekali dengan pohon kelapa. Secara garis proses pembuatan gula aren sama seperti gula kelapa. Bedanya cetakan yang dipakai untuk gula aren hanya berbentuk tabung. Gula aren biasanya berwarna cokelat gelap/cokelat kehitam-hitaman serta terasa begitu manis dan lembut di mulut.

Perbedaan

Nah, berikut ini beberapa perbedaan antara gula kelapa dengan gula aren!

  1. Gula kelapa dibikin dari nira kelapa, begitu pula gula aren yang dibuat dari nira aren.
  2. Gula aren terasa manis dan lembut. Berbeda dengan gula kelapa yang terasa manis-manis gurih.
  3. Komposisi gula sederhana dan gula kompleks yang terkandung di dalam gula kelapa tidak sama dengan gula aren.
  4. Gula kelapa mengandung zat gizi dan zat nongizi yang berbeda dari gula aren.
  5. Gula aren berwarna cokelat gelap atau cokelat kehitam-hitaman. Tetapi gula kelapa berwarna cokelat sampai cokelat tua.
  6. Gula aren mempunyai aroma yang sangat khas yang tidak dimiliki oleh gula kelapa.
  7. Nila glikemik gula aren dua kali lipat lebih tinggi daripada gula kelapa.
  8. Gula aren hanya dicetak berbentuk tabung saja. Namun gula kelapa selain dicetak dengan bentuk tabung, juga sering kali dicetak membentuk setengah bola memakai tempurung kelapa.
  9. Gula kelapa biasanya dipakai untuk bumbu masakan. Sedangkan gula aren sering digunakan di dalam minuman.