Beda Minyak Kelapa Sawit vs Minyak Kelapa

Mau tahu bedanya minyak kelapa sawit vs minyak kelapa? Minyak adalah zat cair berlemak yang biasanya kental dan bersifat mudah terbakar. Minyak tidak larut dalam air tetapi larut dalam eter dan alkohol. Menurut bahan pembuatnya, minyak dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu minyak nabati, minyak hewani, dan minyak mineral. Bahan baku yang biasa digunakan untuk membuat minyak nabati antara lain kelapa sawit, kelapa, jagung, wijen, canola dan zaitun, alpukat, cengkeh, kacang, jarak, kakao, dan lain-lain.

Walaupun kelapa dan kelapa sawit sama-sama merupakan tanaman anggota dari famili Arecaceae, tetapi minyak yang dihasilkan oleh keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Perlu diketahui, minyak kelapa atau VCO (Virgin Coconut Oil) terbuat dari daging buah kelapa yang dibuat menjadi santan lalu direbus hingga menghasilkan lapisan ampas, lapisan air,dan lapisan minyak. Sedangkan pembuatan minyak kelapa sawit atau CPO (Crude Palm Oil) dilakukan dengan membuat bubur daging buah sawit dan menyaringnya untuk diambil air sarinya, lalu air sari ini direbus hingga membentuk lapisan minyak.

perbedaan-minyak-kelapa-sawit.jpg

Minyak kelapa sawit adalah minyak yang dihasilkan dari bagian daging (mesocarp) buah kelapa sawit. Minyak ini berwarna merah secara alami karena mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Kadar lemak jenuh yang terdapat di dalam minyak sawit termasuk tinggi. Beberapa lemak jenuh yang ada di dalamnya yaitu asam laurat, asam miristat, asam palmitat, dan asam stearat. Walaupun begitu, minyak kelapa sawit juga memiliki kandungan lemak tak jenuh seperti asam oleat, asam alfa linoleat, dan asam linoleat.

Sebagaimana minyak-minyak nabati lainnya, minyak kelapa sawit sama sekali tidak mengandung kolesterol. Kendati demikian, konsumsi lemak jenuh yang terkandung di minyak ini diketahui bisa memicu peningkatan kolesterol lipoprotein densitas rendah dan lipoprotein densitas tinggi sebagai akibat dari proses pencernaan asam lemak dalam tubuh. Perlu diketahui, semua minyak kelapa sawit yang dihasilkan bebas dari rekayasa genetika sebab tidak ada kelapa sawit yang termodifikasi genetik dan semua prosesnya dilakukan secara alami.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara minyak kelapa sawit vs minyak kelapa antara lain :

  1. Minyak kelapa sawit berwarna kemerah-merahan dan minyak kelapa berwarna keputih-putihan cenderung jernih.
  2. Minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh sebesar 41 persen. Berbeda dengan minyak kelapa mengandung lemak jenuh hingga mencapai 86 persen.
  3. Minyak kelapa sawit memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa.
  4. Saat ini, negara penghasil minyak kelapa sawit paling banyak adalah Indonesia. Sedangkan minyak kelapa banyak dihasilkan oleh Filipina.
  5. Keberadaannya yang langka membuat harga minyak kelapa lebih mahal daripada minyak kelapa sawit.