Cari Tahu Perbedaan Darah dan Limfe di Sini!

Apakah perbedaan antara darah dan limfe? Anda pasti sudah mengetahui apa itu darah? Lalu bagaimana dengan limfe, apakah Anda juga mengetahuinya? Perlu diketahui, limfe biasanya disebut pula sebagai getah bening.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengartikan darah sebagai cairan terdiri atas plasma, sel-sel merah dan putih yang mengalir dalam pembuluh darah manusia dan binatang. Sedangkan limfe atau limfa adalah cairan (getah) bening yang terdapat di dalam badan menyerupai plasma darah dan mengandung sel darah putih, tetapi tidak mengandung sel darah merah. Nah sebelum kita membahas perbedaan antara keduanya, marilah kita memahami terlebih dahulu apakah gerangan darah dan limfe itu?

perbedaan-darah-dan-limfe.jpg

Darah

Darah merupakan jaringan ikat cairan yang sangat kompleks yang membawa berbagai jenis zat dan sel ke seluruh area tubuh. Darah berasal dari perubahan plasma menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Darah berfungsi untuk mengedarkan nutrisi dari bahan makanan yang sudah dicerna, termasuk juga mendistribusikan udara dari sistem pernapasan dan membuang bahan limbah. Darah pun berguna untuk mengatur suhu tubuh serta menjaga keseimbangan kadar air dan pH dalam tubuh secara konstan.

Limfe

Limfe (getah bening) adalah cairan berwarna kuning keputih-putihan yang berasal dari darah yang disaring melalui dinding kapiler di dalam jaringan tubuh. Limfe tidak hanya ada di pembuluh limfatik, tetapi juga d berbagai rongga tubuh semisal rongga di sendi, rongga selom, rongga perikardial, rongga pleura, dan lain-lain. Fungsi limfe yaitu sebagai pelumas antara darah dan jaringan. Limfe berperan penting pula dalam mengedarkan lemak yang telah dicerna, lemak terlarut dalam vitamin, dan sebagainya. Selain itu, limfe bermanfaat untuk menyaring dan membuang partikel-partikel asing dari dalam tubuh, menyimpan sel imunologi kompeten, serta membawa lemak dan lipid dari usus kecil ke dalam darah.

Perbedaan

Perbedaan antara darah dan limfe dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Darah berwarna merah karena mengandung hemoglobin. Sementara limfe berkelir kuning keputih-putihan sebab mengandung lemak yang berasal dari usus.
  2. Berbeda dengan darah yang tersusun atas banyak sel darah, limfe hanya dibentuk oleh satu sel limfosit. Limfosit merupakan bagian dari sel darah putih yang berperan sebagai sistem imunitas tubuh dan menghasilkan antibodi.
  3. Sama halnya dengan plasma darah, limfe juga mengandung protein. Bedanya kandungan protein pada limfe lebih sedikit. Selain itu, limfe pun mengandung protein yang diproduksi oleh usus.
  4. Pembuluh limfe juga tidak sama dengan pembuluh darah. Pembuluh ini dilengkapi dengan katup lebih banyak yang berstruktur menyerupai vena kecil dan bercabang-cabang halus dengan ujung yang terbuka. Dari sinilah jalur masuk cairan jaringan tubuh menuju ke dalam pembuluh limfe. Sedangkan darah beredar dalam jalur yang tertutup.
  5. Sistem vaskular darah disusun oleh darah, arteri, vena, dan jantung. Lain halnya dengan sistem limfatik yang terdiri dari getah bening, kelenjar getah kapiler, kelenjar getah bening, dan pembuluh getah bening.
  6. Darah merupakan sistem peredaran transportasi utama di dalam tubuh dan limfe berperan sebagai sistem transportasi yang bersifat paralel.
  7. Pembuluh darah mengandung sel darah merah, tetapi pembuluh limfe tidak.
  8. Jika dibandingkan, darah mempunyai kandungan protein, nutrisi, dan limbah yang lebih tinggi daripada limfe.