Inilah Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circular

Apakah perbedaan antara mesin gergaji jigsaw dan circular? Seperti kita ketahui, gergaji merupakan besi tipis bergigi tajam yang biasanya digunakan untuk memotong atau membelah kayu dan sebagainya. Dalam perkembangannya, gergaji tidak hanya dioperasikan menggunakan tangan, tetapi juga telah dilengkapi dengan mesin. Dua di antara jenis mesin gergaji yang paling sering dipakai ialah mesin gergaji jigsaw dan mesin gergaji circular.

Bila Anda termasuk salah seorang yang kerap berkecimpung dalam bidang pertukangan, maka Anda pasti sudah akrab dengan mesin gergaji jigsaw dan mesin gergaji circular. Yap, kedua mesin gergaji ini memang sama-sama dapat digunakan untuk keperluan membuat furnitur, perabotan, dan perkakas rumah tangga seperti lemari dan kabinet. Namun fungsi dan kegunaan masing-masing mesin gergaji ini berlainan.

perbedaan-jigsaw-dan-circularsaw.jpg

Perbedaan yang paling mendasar antara mesin gergaji jigsaw dan mesin gergaji circular adalah gerakan mata gergajinya. Mesin gergaji jigsaw memiliki mata gergaji yang dapat bergerak secara naik turun atau maju mundur layaknya gergaji tangan. Mesin ini sangat bagus dipakai untuk memotong kayu, khususnya untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Sedangkan mata gergaji pada mesin gergaji circular bergerak dengan cara berputar seperti gerinda sehingga cocok sekali dipakai untuk memotong kayu dengan arah yang lurus.

Mesin Gergaji Jigsaw

Karakteristik dari mesin gergaji jigsaw adalah mesin ini mempunyai mata gergaji yang pola pergerakannya naik dan turun. Anda bisa memanfaatkan mesin ini untuk membentuk garis yang berlekuk-lekuk pada potongan. Misalnya pada saat Anda ingin membuat potongan yang berbentuk lingkaran atau elips, maka mesin ini dapat diandalkan. Sayangnya mesin gergaji jigsaw dilengkapi dengan mata pisau yang berukuran cukup tipis sehingga kurang cocok bila dipakai untuk memotong papan yang tebal. Kalau pun dipaksakan, hasil potongannya tidak akan rata.

Mesin Gergaji Circular

Pada dasarnya, mesin gergaji circular bekerja dengan menggerakkan mata pisaunya secara memutar. Benar sekali, prinsip kerja mesin ini sama seperti mesin gerinda. Itulah kenapa, kebanyakan pekerja menganggap kalau mesin gergaji circular ini terasa lebih nyaman dan mudah digunakan serta kinerjanya relatif lebih cepat. Bagi Anda yang ingin memotong kayu yang berukuran panjang dengan potongan yang lurus, Anda bisa mengandalkan mesin ini. Selain itu, mesin ini pun dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis kayu yang mempunyai ketebalan berbeda-beda tergantung jari-jari mata pisau yang dipasang.