Perbedaan Manchester United dan Manchester City

Apakah perbedaan antara Manchester United dan Manchester City? Kota Manchester di Inggris patut berbangga karena mempunyai dua klub sepak bola sekaligus yang kualitasnya sudah dikenal oleh seluruh manusia di bumi. Dua dari klub sepak bola yang kami maksud apalagi kalau bukan Manchester United FC serta Manchester City FC.

Manchester adalah salah satu kota di Inggris yang mempunyai populasi sebanyak kurang lebih 503.000 penduduk. Kota ini terletak di Kawasan Perkotaan Manchester Raya yang menjadi kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya. Posisi kota Manchester berada di sebelah tengah-selatan Inggris Barat Laut. Di sebelah utaranya adalah Dataran Chesire. Sedangkan di sebelah utara dan timurnya yaitu Pennines.

manchester-united-manchester-city.jpg

Manchester mempunyai klub sepak bola terkemuka di Liga Utama Inggris yakni Manchester United dan Manchester City. Marilah kita bahas kedua klub sepak bola ini secara mendalam!

Manchester United Football Club

Manchester United FC didirikan pada tahun 1878 dengan nama awal Newton Health LYR F.C. Klub sepak bola yang memiliki julukan The Red Devils ini mempunyai stadion Old Trafford dengan kapasitas 75.731 penonton. Pemilik klub ini adalah Manchester United plc dengan wakil ketua saat ini yaitu Joel dan Avram Glazer. Sekarang Manchester United dilatih oleh seorang manajer yang bernama Jose Mourinho. Manchester United telah menjuarai berbagai kejuaraan sepak bola di Inggris meliputi rekor 20 gelar liga, 12 piala FA, 4 piala liga, rekor 21 FA Community Shield, 3 piala Eropa, 1 piala winners UEFA, 1 piala super UEFA, 1 piala interkontinental, dan 1 piala dunia antarklub FIFA.

Manchester City Football Club

Manchester City FC didirikan pada tahun 1880 sebagai St. Mark’s (West Gorton). Barulah pada tahun 1894, nama Manchester City disematkan ke klub sepak bola ini. Klub yang berjuluk City, The Citizens, dan The Sky Blues ini memiliki stadion utama di Etihad dengan kapasitas 55.000 penonton. Pemilik Manchester City adalah Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang diketuai oleh Khaldoon Al Mubarak dan manajer Pep Guardiola. Manchester City telah memenangi 4 Liga Inggris, 5 Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, dan 1 Piala Winners Eropa.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan antara Manchester United dan Manchester City selengkapnya :

  1. Pendirian Manchester United lebih dahulu 2 tahun dibandingkan dengan Manchester City. Manchester United FC didirikan pada tahun 1878 dengan nama awal Newton Health LYR F.C. Sedangkan Manchester City FC didirikan pada tahun 1880 sebagai St. Mark’s (West Gorton).
  2. Manchester United dan Manchester City sama-sama mempunyai julukan khusus. Manchester United julukannya The Red Devils. Sementara itu, Manchester City berjuluk City, The Citizens, dan The Sky Blues.
  3. Sebagai klub sepak bola profesional, Manchester United dan Manchester City juga memiliki stadion pribadi yang kerap disebut sarangnya. Stadion Old Trafford adalah markas utama Manchester United. Berbeda dengan Manchester City yang mempunyai stadion yaitu Etihad.
  4. Old Trafford dan Etihad sebagai stadion utama milik Manchester United serta Manchester City mempunyai kapasitas penonton yang berbeda-beda. Old Trafford sanggup menampung penonton sebanyak 75.731 orang. Bandingkan dengan Etihad yang hanya bisa menampung 55.000 penonton.
  5. Manchester United dimiliki oleh Manchester United plc dengan wakil ketua saat ini yaitu Joel dan Avram Glazer. Sedangkan pemilik Manchester City adalah Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang diketuai oleh Khaldoon Al Mubarak.
  6. Sosok manajer yang melatih pemain di klub sepak bola kerap menjadi bahan perbincangan tersendiri karena sangat menentukan keberhasilan klub tersebut di dalam suatu turnamen lewat strategi yang dimiliki oleh manajer ini. Saat ini, Manchester United dilatih oleh manajer yang bernama Jose Mourinho dan manajer Manchester City adalah Pep Guardiola.
  7. Sejak diadakan pada tahun 1992-1993, Premier League telah berhasil dimenangkan oleh Manchester United dan Manchester City sebanyak beberapa kali. Tercatat Manchester United berhasil menjuarai liga primer ini pada tahun 1992-93, 1993-94, 1995-96, 1996-97, 1998-99, 1999-2000, 2000-01, 2002-03, 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11, dan 2012-13. Berbeda dengan Manchester City yang pernah menjuarai liga primer pada tahun 2011-12 dan 2013-14.