Semua Perbedaan antara Lintah dan Pacet

Apakah perbedaan antara lintah dan pacet? Kita mengenal lintah serta pacet sebagai binatang yang memiliki tubuh yang lunak. Keduanya sama-sama merupakan karnivora, bahkan predator. Mereka biasanya mendapatkan makanan dari hewan invertebrata contohnya larva serangga, siput, cacing, dan lain-lain.

Tahukah Anda, lintah dan pacet sama-sama merupakan anggota dari subkelas Hirudinea di filum Annelida. Keduanya juga sama-sama hermafrodit atau mempunyai kelamin yang berjumlah ganda. Biasanya kedua hewan ini menyimpan telur-telurnya pada segmen tertentu di dalam klitelum. Karena persamaan-persamaan inilah, tidak sedikit orang yang belum tahu kalau lintah itu tidak sama dengan pacet.

perbedaan-lintah-dan-pacet.jpg

Perbedaan utama antara lintah dan pacet terletak pada habitat alaminya, bukan berdasarkan taksonominya. Pada umumnya, lintah sangat menyukai tempat tinggal di air atau tempat-tempat yang mempunyai tingkat kelembaban yang tinggi. Berbeda halnya dengan pacet. Hewan ini biasanya hidup dengan melekatkan tubuhnya di daun dan batang pohon.

Lintah

Lintah adalah hewan air yang memiliki bentuk seperti cacing dengan badan yang pipih dan bergelang-gelang. Lintah umumnya berwarna cokelat tua sampai hitam. Lintah mempunyai semacam alat penghisap darah yang terletak di kepala dan ujung badan. Lintah obat eropa (Hirudo medicinalis) ialah spesies lintah yang dapat dimanfaatkan secara medis, khususnya untuk mengeluarkan sel-sel darah kotor (plebotomi).

Pacet

Pacet adalah binatang yang masih berkerabat dengan cacing tanah dan mampu menghisap darah mangsanya. Pacet mempunyai badan yang berbentuk langsing mengecil ke depan. Pada umumnya, pacet berwarna cokelat kekuning-kuningan hingga cokelat kehitam-hitaman. Panjang tubuh pacet bisa mencapai hingga 50 mm.

Pacet memiliki lima pasang mata dan sebuah alat penghisap darah yang terletak kepalanya. Sedangkan di ujung belakangnya terdapat alat yang bisa digunakan untuk melekatkan diri. Gaya berjalan pacet sangat unik menyerupai ulat jengkol. Bahkan pacet mampu memipihkan tubuhnya hingga ukurannya sekecil benang jahit.

Perbedaan

Dari uraian di atas, kita bisa tahu kalau lintah itu beda dengan pacet. Perbedaan-perbedaan antara kedua binatang ini bisa dijelaskan dalam poin-poin sebagai berikut!

  1. Habitat alami lintah berada di air atau tempat yang mempunyai kelembaban tinggi. Berbeda dengan pacet yang senang tinggal di daun dan batang pohon.
  2. Lintah berbentuk pipih dan bergelang-gelang. Sedangkan pacet berbentuk langsing mengecil ke depan.
  3. Rata-rata lintah berukuran lebih besar dibandingkan dengan pacet.
  4. Lintah berwarna cokelat tua sampai hitam. Sementara pacet berwarna cokelat kekuningan hingga cokelat kehitaman.
  5. Lintah memiliki alat penghisap di kepala dan ujung belakangnya. Tetapi pacet hanya mempunyai alat penghisap di kepalanya.
  6. Tidak sama dengan lintah, pacet mempunyai lima pasang mata di kepalanya.
  7. Pacet juga mempunyai alat pelekat yang ada di ujung belakangnya, tetapi lintah tidak memilikinya.
  8. Lintah berjalan secara merayap. Namun pacet berjalan dengan memanfaatkan kepala dan ujung belakangnya sebagai kaki.
  9. Berbeda dengan lintah, pacet mempunyai kemampuan untuk mengecilkan tubuhnya secara signifikan.
  10. Ada spesies lintah yang dapat digunakan untuk keperluan medis. Namun hingga saat ini belum ada pemanfaatan spesies pacet untuk terapi kesehatan.