Sudah Tahu 8 Perbedaan Hewan dan Tumbuhan?

Apakah perbedaan antara hewan dan tumbuhan? Anda tentu mengenal hewan serta tumbuhan sebagai makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Keduanya sama-sama melengkapi manusia dalam mengisi kehidupan di dunia. KBBI mengartikan hewan/binatang sebagai makhluk bernyawa yang mampu bergerak dan mampu bereaksi terhadap rangsangan tetapi tidak berakal budi. Sedangkan tumbuhan adalah makhluk hidup yang berinti sel dan mengandung klorofil.

Walaupun sama-sama merupakan makhluk hidup, hewan tidak sama dengan tumbuhan. Perbedaan yang paling mendasar ialah hewan bisa berpindah tempat, tetapi tumbuhan tidak. Begitu pula dengan tumbuhan yang mengandung klorofil, namun hewan tidak memiliki kandungan zat ini. Nah biar lebih jelas dalam mencari tahu perbedaan antar keduanya, alangkah baiknya kita mengupas pengertian hewan dan tumbuhan terlebih dahulu.

perbedaan-hewan-dan-tumbuhan.jpg

Hewan

Hewan adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan di dalam kerajaan animalia. Di bahasa indonesia, kata hewan memiliki padanan kata binatang, fauna, dan satwa. Hewan mempunyai sel dalam jumlah yang banyak (multiseluler). Kumpulan sel tersebut membentuk jaringan yang tersusun berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Hewan tidak mampu memproduksi energi sendiri sehingga harus mengambil dari lingkungan alam.

Karakteristik yang dimiliki oleh hewan di antaranya mampu bergerak dan cepat tanggap terhadap segala bentuk rangsangan dari luar. Hewan juga mengalami pertumbuhan hingga mencapai ukuran tertentu. Ia membutuhkan bahan makanan yang berbentuk kompleks. Hewan pun mempunyai jaringan tubuh yang bersifat lunak.

Adapun ciri-ciri hewan adalah sebagai berikut :

  1. Hewan termasuk organisme multiseluler, hetereotrofik, dan eukariota.
  2. Hewan mempunyai sel yang tidak dilengkapi dengan dinding sel yang kuat.
  3. Hewan dapat bergerak secara aktif karena memiliki jaringan otot dan jaringan saraf.
  4. Hewan pada dasarnya hanya melakukan proses reproduksi secara generatif.
  5. Hewan dilengkapi alat pernapasan yang bermacam-macam sesuai habitatnya.
  6. Hewan membutuhkan bahan makanan untuk mendukung kehidupannya.

Tumbuhan

Tumbuhan adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan ke dalam kerajaan plantae. Ini merupakan organisme eukariota multiseluler. Tumbuhan terdiri atas sejumlah klad antara lain tumbuhan berbunga, tumbuhan berbiji terbuka, lycopodiopsida, paku-pakuan, lumut, dan alga. Kebanyakan tumbuhan bersifat autotrof karena mampu membuat energinya sendiri melalui proses fotosintesis.

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh tumbuhan adalah bagian tubuhnya yang didominasi oleh warna hijau. Hal ini disebabkan tumbuhan mengandung klorofil yang berperan penting dalam mendukung terjadinya proses fotosintesis. Tumbuhan mempunyai dinding sel yang kuat karena mengandung selulosa. Tumbuhan juga bersifat stasioner alias tidak bisa berpindah atas keinginannya sendiri, kecuali alga bersifat motil karena dilengkapi flagelum.

Perbedaan

Farof merangkum perbedaan antara hewan dan tumbuhan di bawah ini!

  1. Semua hewan bersifat heterotrof. Tetapi sebagian besar tumbuhan bersifat autotrof dan sebagian kecil lainnya bersifat heterotrof.
  2. Berbeda dengan hewan, tumbuhan selalu mengandung klorofil.
  3. Susunan tubuh pada hewan senantiasa tetap. Berbeda dengan susunan tubuh pada tumbuhan yang berganti-ganti.
  4. Hewan lebih peka terhadap rangsangan daripada tumbuhan karena mempunyai sistem saraf.
  5. Ukuran dan bentuk tumbuhan gampang berubah sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Sementara hewan tidak.
  6. Kandungan cairan zat garam pada hewan lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan.
  7. Keanekaragaman spesies hewan juga jauh lebih banyak ketimbang keanekaragaman pada tumbuhan.
  8. Tidak sama dengan hewan, dinding sel yang dimiliki oleh tumbuhan cukup tebal dan vakuolanya berukuran besar.