3 Perbedaan Akar Tunggang dan Akar Serabut

Apakah perbedaan antara akar tunggang dan akar serabut? Akar merupakan bagian pokok tanaman yang tumbuh menuju ke dalam inti bumi. Pada dasarnya, akar berfungsi untuk menahan tanaman agar dapat berdiri kokoh serta menyerap ari dan zat hara dari dalam tanah. Setelah diperoleh, air dan zat hara tersebut akan diangkut ke bagian tanaman lain yang membutuhkannya.

Akar selalu tumbuh mengarah ke pusat bumi atau menuju ke air serta meninggalkan udara dan cahaya. Akar biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan dan tidak memiliki buku-buku atau ruas. Ujung akar berbentuk runcing untuk memudahkannya dalam menembus tanah. Hal ini mengingat akar akan terus mengalami pertumbuhan selama tanaman masih hidup.

perbedaan-akar-tunggang-serabut.jpg

Pada umumnya ada dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar Tunggang

Akar tunggang pada umumnya dimiliki oleh tanaman dikotil. Kegunaan utama dari akar tersebut ialah tempat penyimpanan makanan. Akar tunggang terdiri dari satu akar utama yang merupakan kelanjutan dari batang dan akar-akar kecil yang merupakan kelanjutan dari akar utama. Beberapa contoh tanaman yang mempunyai akar tunggang antara lain wortel, ubi jalar, kedelai, jeruk, mangga, dan melinjo.

Akar Serabut

Akar serabut adalah akar yang terdiri atas banyak akar-akar kecil yang berukuran relatif sama sehingga membentuk serabut. Akar ini tumbuh dari bagian pangkal batang tanaman. Tumbuhan monokotil selalu dilengkapi dengan akar serabut. Kendati demikian ada beberapa tanaman dikotil yang berakar serabut, khususnya jika bibit tanaman tersebut diperoleh melalui stek atau cangkok. Akar serabut berfungsi untuk menahan tanaman supaya mampu berdiri kokoh. Adapun contoh tanaman yang memiliki akar serabut yaitu jagung, daun bawang, padi, rumput, kelapa, dan tanaman dari setek atau cangkok.

Perbedaan

Lantas, apa sih bedanya akar tunggang dengan akar serabut?

  1. Akar tunggang terdiri atas akar utama dan beberapa akar cabang. Sedangkan akar serabut terdiri atas banyak akar-akar yang berukuran relatif sama.
  2. Secara alami, akar tunggang hanya dimiliki oleh tanaman dikotil dan akar serabut dimiliki oleh tanaman monokotil. Pengecualian ditujukan pada tanaman yang ditumbuhkan dari stek atau cangkok, tanaman ini akan mempunyai akar serabut.
  3. Pada dasarnya, akar tunggang berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan. Berbeda dengan akar serabut yang memiliki fungsi utama sebagai penahan batang tanaman agar dapat berdiri kokoh.