Enam Perbedaan Bunga Lavender dan Verbena

Apakah perbedaan antara bunga lavender dan verbena? Buat Anda yang suka dengan bunga, pasti Anda sudah tahu tanaman bunga lavender kan? Tanaman terkenal akan keindahan bunganya yang berwarna ungu dan mempunyai aroma wangi. Bagaimana kalau tanaman bunga verbena, apakah Anda juga mengenalnya?

Menurut terjemahan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), lavender atau ejaan bakunya yaitu lavendel ialah tumbuhan yang bunganya harum sehingga dapat dibuat minyak wangi. Spesies tanaman lavendel yang banyak terdapat di Indonesia yaitu Lavandula angustifolia. Sementara itu, verbena adalah tanaman hias yang mempunyai bunga indah (bermacam-macam warnanya). Verbena officinalis merupakan spesies dari tanaman verbena yang banyak tumbuh di Nusantara.

perbedaan-lavender-dan-verbena.jpg

Lavender

Lavender sebenarnya merupakan suatu genus tanaman berbunga yang terdapat di dalam famili Lamiacea. Genus tersebut terdiri atas 25-30 spesies tanaman lavender yang mempunyai karakteristik beraneka ragam. Lavender termasuk tumbuhan menahun berupa rumput-rumputan yang berjenis semak kecil. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Laut Tengah bagian selatan hingga Afrika tropis dan India. Saat ini, tumbuhan lavender sudah dipelihara di seluruh dunia.

Verbena

Verbena adalah sebuah genus tumbuhan dari suku Verbenaceae. Genus ini mencakup sekitar 250 spesies tanaman berbunga yang tumbuh secara menahun. Sebagian besar spesies tersebut memiliki habitat alami di hutan-hutan di Asia dan Amerika. Verbena merupakan rumput yang sering mengganggu pertumbuhan tanaman di sekitarnya. Bunga verbena berukuran kecil. Kebanyakan bunganya berwarna biru, meskipun ada pula yang warnanya putih, pink, dan ungu sesuai kultivarnya.

Perbedaan

Tahukah Anda, perbedaan antara bunga lavender dengan bunga verbena yaitu :

  1. Genus Lavender terdapat di famili Lamiaceae. Sedangkan genus Verbena tergolong dalam famili Verbenaceae.
  2. Ada sekitar 25-30 spesies tanaman lavender yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan jumlah spesies tanaman verbena lebih banyak lagi mencapai 250 spesies.
  3. Lavender berasal dari wilayah Laut Tengah. Berbeda dengan verbena yang berasal dari Asia dan Amerika.
  4. Lavender merupakan tanaman hias. Sebaliknya verbena merupakan tanaman pengganggu (gulma) karena banyak menyerap air tanah.
  5. Bunga lavender berwarna ungu. Kebanyakan bunga verbena berwarna biru, meskipun ada pula bunga verbena yang warnanya putih, pink, dan ungu.
  6. Bunga lavender mempunyai aroma wangi yang sangat khas dan tidak dimiliki oleh bunga verbena.

Anda boleh memetik bunga verbena yang tumbuh di lembah Oro-oro Ombo, Gunung Semeru asalkan bunga yang telah dipetik tersebut langsung dimasukkan ke dalam kantung kresek. Tujuannya supaya benih bunga verbena tidak terjatuh di perjalanan. Jika tidak, benih yang terjatuh tadi akan tumbuh menjadi tanaman baru yang justru akan menyebabkan populasi tanaman ini semakin menyebar sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman di sekitarnya.