Ini Dia Beda Intan dan Berlian

Apakah perbedaan antara intan dan berlian? Tidak sedikit dari kita yang sangat menyukai batu mulia. Keindahannya yang terbentuk secara alami mampu membuat siapa pun langsung terpana saat melihatnya. Maka tak heran, harga batu mulia tergolong luar biasa mahal. Semakin besar ukuran batu tersebut, maka semakin tinggi pula nilai yang dimilikinya.

Dari sekian banyak jenis batu mulia, ada dua batu yang kerap diolah menjadi perhiasan yaitu intan dan berlian. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), intan adalah batu permata yang berkilauan dan berasal dari karbon murni dalam bentuk kristal. Sedangkan berlian ialah intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya. Dari informasi ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa intan merupakan bahan baku berlian.

beda-intan-dan-berlian.jpg

Intan

Intan bisa dikatakan sebagai berlian mentah yang belum diolah sama sekali. Material ini terbentuk dari mineral karbon murni yang mengalami proses pengkristalan secara kimiawi di dalam lapisan perut bumi dalam waktu hingga mencapai ratusan sampai jutaan tahun.

Intan mempunyai karakteristik yang sangat istimewa. Keistimewaan ini terdapat pada tingkat kekerasan intan yang sempurna yaitu 10 dalam skala Mohs. Yap, intan diklaim merupakan batu yang paling keras di dunia. Di samping itu, intan juga mempunyai kemampuan untuk mendispersikan cahaya yang mengenainya seperti prisma.

Berlian

Berlian pada dasarnya terbuat dari intan. Diperlukan rangkaian proses yang panjang untuk bisa mengubah intan menjadi berlian. Keberhasilan proses tersebut setidaknya dipengaruhi oleh 4C yaitu cut, clarity, carat, dan color. Setelah menjadi berlian, batu tersebut bisa digunakan untuk permata cincin, gelang, kalung, bros, giwang, anting-anting, dan sebagainya.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara intan dan berlian :

  1. Intan merupakan bahan tambang (raw material) yang baru diperoleh dari alam. Berbeda dengan berlian yang berasal dari intan yang telah diolah melalui proses pemolesan dan pembentukan sesuai kaidah-kaidah pemotongan.
  2. Berlian mempunyai tingkat kecerahan yang lebih baik dibandingkan dengan intan karena sudah melalui tahap penggosokan sedemikian rupa.
  3. Intan merupakan mineral dari karbon yang berbentuk kristal (alotrop). Sedangkan berlian adalah bentuk potongan batu permata atau batu mulia.
  4. Harga intan dan berlian berbeda-beda yang dipengaruhi oleh ukuran, usia, karat, legalitas, keunikan, dan ketenaran.