Ini Empat Perbedaan Laut dan Samudra

Apakah perbedaan antara laut dan samudra? Seperti kita tahu, sebagian besar wilayah bumi terdiri atas perairan. Berdasarkan letaknya, wilayah perairan tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam. Dua di antaranya yaitu laut dan samudra.

Laut adalah kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Sedangkan samudra dapat diartikan sebagai lautan yaitu air laut yang luas sekali. Jadi pada dasarnya laut dengan samudra itu sama. Meskipun begitu ada hal-hal mendasar yang membedakan antara laut dan samudra.

perbedaan-laut-dan-samudra.jpg

Laut

Laut secara prinsip merupakan kumpulan air asin yang luas. Laut umumnya memisahkan pulau satu dengan pulau yang lainnya atau menghubungkan antar-benua. Kandungan di dalam air laut terdiri atas air murni sebanyak 96,5 persen dan material lain hingga 3,5 persen. Itulah kenapa, sifat-sifat fisis pada air laut sangat dipengaruhi oleh karakteristik air murni yang menyusunnya. Contoh-contoh laut di antaranya Laut Jawa, Laut Arafuru, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Cina Selatan, Laut Karibia, Laut Mediteran, dan Laut Natuna.

Samudra

Samudra adalah laut yang sangat luas. Air asin pada samudra terbentuk secara sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benih sampai kepulauan yang besar. Bumi memiliki wilayah samudra seluas 361 juta km2 atau 71 persen dari luas total permukaan bumi. Isi samudra kurang lebih 1.370 juta km2 dan kedalaman rata-ratanya mencapai 3.790 m. Ada 5 samudra yang terdapat di muka bumi antara lain Samudra Hindia, Samudra Pasifik, Samudra Arktik, Samudra Atlantik, dan Samudra Antartika.

Perbedaan

Jadi, apakah beda laut dengan samudra?

  1. Laut adalah wilayah air asin yang luas. Contoh Laut Arafuru. Sedangkan samudra adalah wilayah laut yang luas sekali. Contoh Samudra Hindia.
  2. Pada dasarnya, laut terbentang di beberapa pulau atau negara. Contoh Laut Jawa terbentang di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan Pulau Kalimantan. Dan samudra membentang dengan menghubungkan benua. Contoh Samudera Hindia membentang di Benua Asia, Afrika, dan Australia. Kalau pun ada laut yang menghubungkan dua benua atau lebih, maka wilayahnya tidak terlalu luas.
  3. Samudra selalu mempunyai kedalaman yang jauh lebih dalam dibandingkan dengan laut. Contoh Samudera Pasifik mempunyai kedalaman 11.033 m di bawah permukaan air laut. Sedangkan Laut Jepang memiliki kedalaman 1.501 m di bawah permukaan air laut.
  4. Wilayah samudra juga lebih luas daripada wilayah laut. Contoh Samudra Hindia memiliki luas mencapai 73.556.000 km2. Sementara Laut China Selatan mempunyai luas 3.500.000 km2.