Perbandingan Honda Jazz dan Toyota Yaris

Bagus mana antara Honda Jazz dan Toyota Yaris? Tidak dipungkiri kalau kedua mobil ini sama-sama digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Keduanya juga sama-sama dibuat dengan model hatchback yakni mobil sedang yang tidak mempunyai bagasi. Jadi pantas kalau persaingan keduanya tergolong sangat ketat.

Namun di balik persamaan-persamaan tersebut, honda jazz serta toyota yaris juga memiliki sejumlah perbedaan. Hal ini terkait pula dengan kelebihan dan kekurangan pada masing-masing mobil. Baiklah biar tidak semakin penasaran, ada baiknya kita langsung kupas habis saja spesifikasi dari kedua mobil ini untuk dapat membandingkan kualitasnya!

honda-jazz-dan-toyota-yaris.jpg

Bodi

Honda Jazz dan Toyota Yaris dirancang dengan desain bodi yang padat. Bentuknya yang sporty bahkan menghasilkan kesan bodi yang sangat menawan dan terlihat begitu modern. Bentuk bodi Honda Jazz agak melancip ke bagian depan. Berbeda dengan bentuk bodi depan Toyota Yaris yang cenderung membulat.

Jika diperhatikan dengan teliti, desain grille dan bumper kedua mobil ini juga tidak sama. Grille pada Honda Jazz dibuat dengan bentuk hexagonal. Sedangkan Toyota Yaris mempunyai grille yang berdesain trapezoid terbalik. Perbandingan lainnya terletak pada jumlah fog lampu, di mana Honda Jazz ditanami fog lampu dalam jumlah yang lebih banyak daripada Toyota Yaris.

Interior

Para penumpang pasti akan merasa nyaman ketika masuk ke interior mobil Honda Jazz ataupun Toyota Yaris. Kapasitas ruangannya terhitung cukup lapang karena mampu menampung 5 penumpang sekaligus. Desain interior keduanya juga dibuat dengan sangat apik yang dihiasi oleh warna-warna kalem yang nyaman di mata. Berbeda dengan Honda Jazz yang dilengkapi dengan instrument meter cluster yang terletak di depan pengendara, instrument meter cluster pada Toyota Yaris berada di bagian tengah.

Honda Jazz dilengkapi dengan teknologi interior di bagian kemudi yang bisa dibilang lebih nyaman. Ini disebabkan berkat ditambahkannya multi information display yang dapat menyajikan sejumlah informasi seperi jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, dan lain-lain. Fitur ini pun dirancang dengan sangat apik sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengemudi mobil.

Faktor yang membedakan antara Honda Jazz dengan Toyota Yaris selanjutnya ialah ukuran kaca spion tambahan. Kaca ini berukuran cukup kecil dan terletak di dekat kaca spion mobil. Toyota dilengkapi dengan kaca tambahan yang ukurannya cukup kecil sehingga fungsi dari kaca tersebut tidak terlalu jelas. Sementara itu, ukuran kaca tambahan pada Honda Jazz jauh lebih besar sehingga dapat digunakan untuk membantu pandangan pengendara mobil untuk menoleh ke kanan atau kiri.

Mesin

Honda Jazz dapat dikatakan mempunyai mesin yang lebih responsif daripada Toyota Yaris. Hal ini dikarenakan mesin Honda Jazz diperkuat oleh paddle shift yang terletak di bagian belakang kemudi. Honda Jazz dipersenjatai mesin SOHC i-VTEC 1,5 liter yang sanggup menghasilkan tenaga hingga mencapai 120 ps atau setara dengan 6600 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya adalah 145 Nm dan 4800 rpm.

Berbeda dengan mesin yang digunakan oleh Toyota Yaris. Mobil ini mempunyai mesin DOHC VVT-l 1,5 liter. Perlu diketahui, energi yang mampu diciptakan oleh mesin ini hingga 109 hp atau 6000 rpm. Adapun torsi maksimal yang dapat diraihnya yaitu 141 Nm atau 4200 rpm. Tidak sama dengan Honda Jazz yang memiliki 5 speed transmisi, Toyota Yaris mempunyai transmisi 4 speed otomatis.