3 Perbedaan Jarak dan Perpindahan yang Benar

Apakah perbedaan antara jarak dan perpindahan? Khususnya Anda yang sekarang masih berstatus sebagai seorang pelajar, tentunya Anda sering sekali mendengar istilah jarak serta istilah perpindahan. Kedua istilah tersebut biasanya dapat ditemukan di mata pelajaran fisika. Tahukah Anda, antara jarak dengan perpindahan sebenarnya sangat berbeda, walaupun satuan yang dimiliki oleh kedua besaran ini adalah sama.

Untuk dapat memahami definisi antara jarak dan perpindahan dengan benar, marilah kita sama-sama membayangkan suatu peristiwa terlebih dahulu. Mari kita bayangkan Nabilah sedang duduk di suatu taman. Kemudian ia bergerak 8 m ke timur untuk bertemu dengan Boy. Lalu ia pergi lagi sejauh 5 m ke utara untuk membeli es krim. Akhirnya ia pergi lagi sejauh 8 m ke barat untuk menikmati es krim tersebut. Dari pergerakan Nabilah ini, ia sebenarnya telah melakukan perpindahan dan jarak di waktu yang sama.

perbedaan-jarak-dan-perpindahan.jpg

Jarak

Jarak adalah angka yang menjadi representasi dari perubahan posisi yang dialami oleh suatu benda pada lintasan tertentu. Jarak menunjukkan seberapa jauh perubahan posisi yang diakukan oleh benda tersebut. Misalnya pada contoh peristiwa di atas, Nabilah telah melakukan perubahan posisi dengan jarak 8 m + 5 m + 8 m yaitu 21 m. Karena jarak termasuk besaran skalar, maka jarak tidak memiliki arah sehingga Anda tidak perlu mempedulikan arah gerak perubahan posisi yang dilakukan oleh Nabilah.

Perpindahan

Perpindahan adalah perubahan posisi yang paling pendek yang dilakukan oleh suatu benda yang dihitung mulai dari posisi awal sampai dengan posisi akhir. Pengertian lebih singkatnya, perpindahan merupakan jarak terpendek dari posisi awal ke posisi akhir yang ditimbulkan oleh perpindahan posisi suatu benda. Ingat bahwa perpindahan tergolong sebagai besaran vektor sehingga kita wajib memperhatikan arahnya. Contohnya pada peristiwa di atas, kesimpulan akhirnya ialah Nabilah melakukan perpindahan 5 m ke utara.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara jarak dan perpindahan, yaitu :

  1. Jarak adalah besaran skalar dan perpindahan termasuk besaran vektor.
  2. Jarak sama sekali tidak menghiraukan arah, tetapi perpindahan selalu mempedulikan arah perpindahan posisi suatu benda.
  3. Jarak dihitung menurut total perpindahan posisi yang dialami oleh suatu benda. Sedangkan penghitungan perpindahan hanya dilakukan dari posisi awal ke posisi akhir dengan memperhatikan arahnya.