Bedanya Yoga dan Pilates, Apa ya?

Apakah perbedaan antara yoga dan pilates? Kini ada banyak sekali aktivitas-aktivitas olahraga yang sangat berguna untuk melatih kebugaran, meningkatkan stamina tubuh, dan menjaga kesehatan. Dua di antaranya yang sedang menjadi tren ialah yoga serta pilates. Pada dasarnya, yoga bertujuan untuk melatih peregangan dan kelenturan otot. Sedangkan pilates menaikkan kekuatan tubuh dan membentuk postur yang ideal. Latihan pilates sendiri biasanya lebih berfokus pada bagian pernafasan dan perut.

Meskipun begitu, ada persamaan antara yoga dengan pilates yang kerap membuat beberapa orang sulit membedakan keduanya. Sebagai contoh, latihan yoga dan pilates sama-sama memiliki tujuan untuk melatih fleksibilitas, penanggulangan stres, perbaikan postur, serta koordinasi. Keduanya juga sama-sama termasuk softer training modalities yang sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Faktanya teknik dan filosofi pada yoga dan pilates pun mirip sekali.

perbedaan-yoga-dan-pilates.jpg

Yoga

Asal-usul yoga merupakan buah dari kebudayaan timur yang mengedepankan energi dinamis di dalam tubuh. Filosofinya adalah tubuh kita akan semakin kuat dan bersemangat apabila aliran energi di dalam tubuh lancar. Sayangnya kegiatan sehari-hari yang dekat dengan kepenatan menyebabkan timbulnya ketegangan yang dapat menyumbat aliran energi sehingga tubuh menjadi kaku, tegang, dan sakit. Untuk itulah, yoga perlu dilakukan dengan melatih kembali kelenturan tubuh melalui gerakan peregangan otot.

Gerakan yoga sebenarnya mengandung makna holistik spiritual dari seni meditasi khas kebudayaan timur. Gerakan tersebut bermuara kepada perasaan untuk menggerakkan pikiran. Gerakan ini juga menjadi salah satu simbol dari semangat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari secara seimbang. Sebagai latihan yang bersifat meditatif, Anda bisa memahami kondisi tubuh, mengetahui apa yang tubuh inginkan, dan memaklumi apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh tubuh melalui gerakan yoga.

Pilates

Pilates kali pertama diciptakan oleh Joseph Pilates. Waktu itu, Joseph membuat suatu gerakan latihan yang berguna untuk melakukan terapi kepada prajurit yang terluka serta penari yang mengalami cidera. Pilates sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur, meningkatkan keseimbangan, serta menaikkan kekuatan. Selain itu, pilates juga berfungsi untuk melatih koordinasi, penguatan, serta peregangan otot dengan cara yang sangat unik.

Fokus utama latihan pilates yaitu memperbaiki postur tubuh Anda melalui pembentukan otot sehingga Anda terlihat lebih menarik di mata orang lain. Dibandingkan dengan yoga, pilates lebih memaksa tubuh untuk mencapai sebuah kondisi tertentu. Tubuh yang kuat, postur yang baik, dan keseimbangan yang tinggi merupakan tujuan utama dari pilates. Itulah kenapa, bagi orang awam, latihan ini terasa cukup menyiksa karena seolah-olah seperti menghajar tubuh untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuannya. Tetapi jika dibiasakan terus-menerus, latihan yang pada mulanya terasa amat berat ini terasa ringan sekali. Dan hasilnya, Anda bakal terkejut karena kondisi tubuh menjadi lebih baik tanpa disadari.

Perbedaan

Tahukah Anda, yoga itu tidak sama dengan pilates. Perbedaan antara kedua latihan ini bisa kami jelaskan dalam uraian sebagai berikut :

  1. Yoga pada mulanya berasal dari kebudayaan Timur. Sebaliknya pilates merupakan latihan yang ditemukan di belahan bumi bagian barat.
  2. Yoga memiliki lima prinsip dasar yaitu movement, breathing, diet, meditation, dan complete relaxation. Sedangkan pilates mempunyai enam prinsip dasar yakni centering, flow, concentration, breath, control, precision.
  3. Yoga melatih otot-otot di semua bagian tubuh secara bergantian. Sementara pilates melatih semua otot tubuh dengan bertumpu pada otot perut.
  4. Yoga memerlukan tingkat fleksibilitas tubuh yang jauh lebih tinggi daripada pilates.Itu sebabnya, beberapa gerakan yoga hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah terlatih.
  5. Yoga mempunyai sejumlah gerakan pernafasan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Tetapi pilates hanya memiliki satu gerakan pernafasan yaitu ambil nafas lewat hidung dan buang melalui mulut.
  6. Yoga biasanya dilakukan dengan diiringi musik atau suara untuk memperdalam pikiran yang positif. Berbeda dengan pilates yang dilakukan di dalam situasi yang sehening mungkin.
  7. Yoga memiliki gerakan peregangan statis. Namun pilates mempunyai gerakan peregangan yang bersifat dinamis.