Ladies, Ini Beda Bedak Padat dan Bedak Tabur!

Apakah perbedaan antara bedak padat dan bedak tabur? Bagi para wanita, bedak merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Tidak percaya? Coba deh periksa isi di dalam tasnya. Pasti Anda akan menemukan bedak di sana. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab pemakaian bedak akan membuat seorang wanita tampil lebih percaya diri karena wajahnya terlihat menarik.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi seorang wanita untuk mempunyai setidaknya sebuah bedak. Namun Anda jangan sampai salah pilih karena ada banyak jenis bedak yang tersedia di pasaran. Pemilihannya harus disesuaikan dengan tipe wajah Anda apakah normal, kering, berminyak, atau sensitif. Berdasarkan bentuknya, terdapat dua macam bedak yaitu bedak tabur dan bedak padat. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai kedua jenis bedak ini!

Bedak Tabur

perbedaan-bedak-tabur.jpg

Bedak tabur (loose powder) adalah bedak yang terbuat dari komposisi bahan-bahan tertentu yang diproses sedemikian rupa, tetapi tidak melalui proses pemadatan. Formula yang dipakai untuk membuat bedak ini biasanya lebih ringan sehingga dapat menyerap keringat dengan lebih baik. Manfaatnya bedak ini mampu mengurangi produksi minyak di wajah sehingga tidak kelihatan mengkilap serta dapat menempel di kulit jauh lebih lama. Bedak tabur sangat bagus dipakai untuk keperluan sehari-hari karena menghasilkan riasan yang natural.

Sayangnya bedak tabur kadang-kadang suka menyulitkan para pemakainya sendiri dan tidak praktis. Hal ini dikarenakan bedak tabur umumnya dijual dalam kemasan yang cukup besar sehingga repot kalau harus dibawa ke mana-mana. Kalau pun ada kemasan bedak tabur yang ukurannya kecil, bukan berarti pemakainya dapat menggunakan bedak ini dengan mudah. Bentuk bedak tabur yang berupa bubuk yang sangat halus ini sering kali tumpah, gampang terbawa angin, dan mengotori area di sekelilingnya.

Bedak Padat

perbedaan-bedak-padat.jpg

Bedak padat (compact powder) seberanya dibuat dengan bahan-bahan yang sama persis seperti bedak tabur. Pembedanya terletak pada proses pembuatannya, di mana bedak padat merupakan bedak tabur yang telah melalui proses pemadatan. Hal ini menjadikan bedak padat sangat praktis untuk dibawa dan digunakan di mana pun dan kapan pun. Beberapa produsen kerap menambahkan bahan pelembab (moisturizer) ke dalamnya untuk menghasilkan tekstur yang agak berat.

Jika bedak tabur cocok untuk kulit berminyak, berbeda dengan bedak padat yang sangat bagus dipakai oleh para pemilik kulit yang kering. Alasannya tidak lain karena adanya kandungan formula-formula yang berfungsi untuk melembabkan kulit kering penggunanya di dalam produk bedak yang satu ini. Tekstur bedak padat pun dapat menempel lebih lama sehingga pas sekali digunakan pada acara-acara tertentu. Pemakaian bedak padat akan menghasilkan riasan yang tegas, nyata, dan tahan lama.