Tiga Perbedaan Barbel dan Dumbel

Apakah perbedaan antara barbel dan dumbel? Kegiatan angkat beban semakin disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah perkotaan. Aktivitas ini tidak hanya terbukti bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga membentuk postur badan yang ideal sehingga tampak menarik di mata orang lain. Walaupun bentuk-bentuk latihannya kelihatan gampang, namun Anda mesti rajin dalam melakukan rutinitas angkat beban ini supaya hasilnya sesuai keinginan.

Dalam kegiatan angkat beban ini dibutuhkan beberapa macam alat pendukung yang bisa membantu Anda mendapatkan beban sesuai kebutuhan. Dua di antaranya yang paling populer ialah barbel serta dumbel. Sebagian besar dari kita umumnya lebih akrab dengan istilah barbel dibandingkan dengan dumbel. Karena mempunyai bentuk yang mirip sekali, banyak orang yang sering keliru dalam menyebutkan keduanya.

Mulai sekarang, cari tahu apa bedanya barbel dengan dumbel supaya Anda tidak salah menyebutnya ketika sedang berada di pusat fitness dan harus menanggung malu akibat kesalahan tersebut.

Barbel

perbedaan-barbel.jpg

Barbel berbentuk tongkat besi yang dilengkapi piringan beban di kedua ujungnya. Selanjutnya piringan beban (plate) tersebut berfungsi sebagai pemberat dan bisa ditambahkan jumlahnya sesuai dengan keinginan. Perlu diingat, ukuran barbel lebih besar dan lebih panjang daripada dumbel. Jadi Anda harus menggunakan kedua tangan untuk bisa mengangkatnya.

Latihan menggunakan barbel pada dasarnya berguna untuk melatih tenaga dan keseimbangan. Caranya yaitu pegang barbel memakai kedua tangan, lalu dorong ke depan atau angkat ke atas sesuai tujuan latihan. Desain barbel yang dibuat sedemikian rupa tersebut membuat stabilitas gerakan latihan dapat dikontrol secara aman. Anda lebih mudah menjaga keseimbangan antara bagian tubuh sebelah kanan dan kiri saat menggunakan barbel.

Dumbel

perbedaan-dumbel.jpg

Dumbel bisa disebut sebagai barbel yang ukurannya kecil. Terang saja karena panjang maksimal tongkat (bar) dumbel adalah sejengkal. Oleh sebab itu, dumbel cukup diangkat menggunakan satu tangan. Karena memiliki bobot yang lebih ringan, Anda bisa bergerak lebih leluasa saat melatih otot memakai dumbel. Latihannya bisa dipadukan dengan gerakan seperti fly dan lateral raise agar hasilnya lebih maksimal.

Perbedaan

Di bawah ini daftar perbedaan lengkap antara barbel dengan dumbel, yaitu :

  1. Barbel berukuran lebih besar dibandingkan dengan dumbel. Selain itu, tongkat barbel juga lebih panjang daripada tongkat dumbel.
  2. Anda harus menggunakan kedua tangan untuk mengangkat barbel. Sedangkan untuk mengangkat dumbel, Anda cukup memakai satu tangan saja.
  3. Latihan memakai barbel akan menciptakan postur yang seimbang antara tubuh sebelah kanan dan kiri. Sementara itu, latihan menggunakan dumbel membuat Anda lebih berfokus pada saat melakukan suatu latihan.