3 Perbedaan Badak Jawa dan Badak Sumatera

Apa perbedaan dari badak jawa dengan badak sumatera? Badak adalah binatang menyusui yang berkulit tebal serta ada yang bercula satu dan ada pula yang bercula dua. Di dalam taksonomi, badak termasuk dalam famili Rhinocerotidae di ordo Perissodactyla. Binatang ini merupakan herbivora. Jadi badak hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Kini cuma tinggal lima spesies badak yang masih bertahan hidup di seluruh dunia. Beruntung karena Indonesia mempunyai dua spesies yang masih ada hingga saat ini. Di antaranya yaitu badak jawa (Rhinocerus sondaicus) serta badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Selain tempat tinggalnya yang berada di Pulau yang tidak sama, kedua badak ini ternyata memiliki berbagai perbedaan yang mencolok lainnya.

Badak Jawa

perbedaan-badak-jawa.jpg

Karakteristik khusus yang hanya dimiliki oleh badak jawa yaitu culanya yang cuma berjumlah satu. Panjang cula tersebut bisa mencapai hingga 27 cm. Uniknya hanya badak jantan yang dilengkapi dengan cula. Sedangkan badak jawa betina tidak pernah memiliki cula di kepalanya. Badak ini mempunyai postur tubuh yang besar dengan tinggi sekitar 168-175 cm dan panjang hingga mencapai 4 meter. Badak jawa biasanya tinggal di daerah yang rimbun serta dipenuhi semak dan perdu yang rapat. Badak ini cenderung akan menghindari tempat-tempat lapang yang terbuka.

Badak Sumatera

perbedaan-badak-sumatera.jpg

Badak sumatera sering pula disebut sebagai badak primitif. Hal ini dikarenakan postur tubuh yang dimilikinya merupakan yang paling kecil di antara lima spesies badak yang masih tersisa di dunia. Tingginya sekitar 120-135 cm, bobot mencapai 909 kg, dan panjang dari mulut sampai pangkal ekor berkisar 240-270 cm. Badak sumatera mempunyai dua cula di kepalanya. Cula pertama berada di depan dan berukuran cukup besar, sedangkan cula keduanya terletak di atas mata dan lebih kecil. Habitat alami badak sumatera yaitu hutan yang rimbun dan lebat. Sesekali badak ini juga terlihat turun ke daratan rendah guna mencari tempat hidup yang lebih baik.

Perbedaan

Jadi kesimpulannya perbedaan-perbedaan badak jawa dengan badak sumatera yaitu :

  1. Badak jawa hanya mempunyai satu cula. Sedangkan badak sumatera memiliki dua cula di atas kepalanya.
  2. Postur tubuh badak jawa lebih besar dibandingkan dengan badak sumatera. Badak jawa juga berukuran lebih panjang daripada badak sumatera.
  3. Meskipun sama-sama tinggal di hutan belantara, badak sumatera masih mau turun ke daratan rendah. Berbeda dengan badak jawa yang selalu menghindari tempat yang terbuka.