Ini Bedanya Kelabang dan Kaki Seribu

Apakah perbedaan kelabang dan kaki seribu? Antara kaki seribu dan kelabang sama-sama termasuk di dalam subfilum Myriapoda. Subfilum ini sendiri tergolong dalam filum Arthropoda di kingdom Animalia. Ciri khas binatang yang ada di subfilum Myriapoda ialah memiliki postur tubuh yang panjang dan kaki yang jumlahnya banyak. Myriapoda juga tidak mempunyai kemampuan untuk menutup lubang pernapasannya sehingga ia tidak tahan berada di daerah yang panas.

Subfilum Myriapoda tersusun atas beberapa famili/keluarga. Dua di antaranya yang paling terkenal adalah Centipede atau Kelabang serta Millipede atau Kaki Seribu. Jika diperhatikan dengan seksama, kedua famili binatang ini mempunyai karakteristik tubuh yang sangat berbeda. Namun karena bentuknya yang menggelikan, banyak orang yang enggan mengamati kelabang dan kaki seribu secara jelas. Akibatnya mereka pun masih salah kaprah dengan menganggap kalau kelabang dan kaki seribu adalah sama.

Kelabang atau Lipan (Centipede)

kelabang-dan-kaki-seribu.jpg

Di beberapa daerah, kelabang biasa disebut pula sebagai lipan. Hewan ini memiliki postur tubuh yang panjang dan agak pipih. Ia memiliki dua kaki di masing-masing ruas tubuhnya. Cara berjalannya yaitu dengan memajukan kaki kiri dan kaki kanan secara bergantian. Kelabang merupakan binatang yang beracun. Ia akan menggigit saat berburu mangsanya atau mempertahankan diri. Kelabang juga memiliki antena sebagai indera peraba. Di bagian ujung ekornya terdapat pula sepasang kaki yang ukurannya seperti antena tersebut. Hal ini sangat membantu kelabang untuk melakukan kamuflase.

Kaki Seribu atau Luwing (Millipede)

kaki-seribu-dan-kelabang.jpg

Kaki seribu sering pula disebut dengan istilah luwing di beberapa daerah di Indonesia. Hewan ini sama sekali tidak beracun karena ia merupakan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan. Postur tubuhnya panjang dan membulat. Ia mempunyai empat kaki di masing-masing ruas badannya. Gaya berjalannya cukup unik dengan mengangkat kaki kanan dan kaki kiri secara bersama-sama. Ukuran antena yang dimilikinya agak pendek. Untuk melindungi dirinya, kaki seribu akan menggulungkan diri dan mengeluarkan cairan yang berbau menyengat.

Perbedaan

Berikut ini faktor-faktor yang membedakan antara kelabang dan kaki seribu :

  1. Kelabang adalah binatang karnivora dan kaki seribu merupakan binatang herbivora.
  2. Kelabang mempunyai racun, tetapi kaki seribu sama sekali tidak beracun.
  3. Kelabang memiliki postur tubuh yang agak pipih, berbeda dengan kaki seribu yang membulat.
  4. Kelabang mempunyai dua kaki di masing-masing ruas tubuhnya, sedangkan kaki seribu memiliki empat kaki.
  5. Kelabang berjalan dengan mengangkat kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian, namun kaki kelabang secara bersama-sama.
  6. Kelabang mempertahankan diri dengan menggigit musuh, sementara kaki seribu akan menggulungkan diri dan menyemprotkan cairan yang berbau.
  7. Kelabang dilengkapi dengan antena yang ukurannya lebih panjang dibandingkan antena milik kaki seribu.
  8. Kelabang mempunyai kaki yang panjang mirip antena di bagian ujung ekornya, tapi kaki seribu tidak memilikinya.