Sembilan Perbedaan Kimono dan Yukata

Apakah perbedaan kimono dan yukata? Kebudayaan dari Jepang selalu menarik untuk dipelajari. Salah satunya yaitu bagaimana orang-orang di Negeri Sakura ini berpakaian. Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah mendengar tentang kimono. Pakaian khas tersebut biasa dikenakan oleh pria dan wanita saat menghadiri acara-acara yang bersifat formal. Tapi tahukah Anda, ada satu lagi pakaian adat yang menarik untuk ditelusuri yaitu yukata.

Sekilas rupa kimono dan yukata mirip sekali. Namun jika diperhatikan dengan seksama, ada bagian-bagian di kimono yang tidak terdapat di yukata, begitu pula sebaliknya. Waktu penggunaan kimono dan yukata ternyata berbeda juga lho. Kimono dikenakan hanya pada saat acara-acara yang bersifat resmi. Sedangkan yukata boleh dipakai setiap saat. Ini berarti kimono adalah pakaian formal dan yukata merupakan pakaian nonformal.

Kimono

perbedaan-kimono-dan-yukata.jpg

Kimono berasal dari kata ki yakni pakai dan mono yaitu barang. Jadi kimono adalah suatu barang/busana yang dipakai. Kimono dikenakan oleh pria maupun wanita. Kimono untuk pria berbentuk setelan. Sedangkan kimono untuk wanita berbentuk terusan. Kimono umumnya berupa pakaian seperti mantel berlengan panjang dan berkerah dengan panjang hingga mencapai pergelangan kaki.

Yukata

perbedaan-yukata-dan-kimono.jpg

Yukata bisa dibilang sebagai versi santai dari kimono. Itulah kenapa, yukata dibuat menggunakan bahan-bahan yang tipis seperti katun. Yukata boleh dipakai semua orang, baik pria maupun wanita serta sudah menikah atau belum menikah. Yukata untuk pria umumnya dihiasi dengan warna dasar gelap dan motif garis-garis. Untuk wanita, yukata yang dipakai biasanya berwarna cerah atau pastel yang dihiasi motif berwarna terang. Yukata untuk wanita sering dipercantik dengan corak bunga dan ikan.

Perbedaan

Nah, berikut ini perbedaan dari kedua pakaian tradisional asal Jepang di atas :

  1. Kimono adalah busana formal dan yukata merupakan pakaian santai.
  2. Harga kimono umumnya lebih mahal daripada yukata.
  3. Yukata banyak dijual dalam bentuk jadi. Sedangkan kimono harus menjahit sendiri.
  4. Berbeda dengan yukata yang bebas, pemilihan kimono perlu disesuaikan dengan status pemakainya apakah sudah menikah atau belum.
  5. Pemakaian kimono wajib dilengkapi pakaian dalam sebanyak dua lapis yaitu hadajuban dan juban. Sementara untuk memakai yukata, Anda hanya perlu memakai hadajuban.
  6. Yukata biasanya terbuat dari katun. Beda dengan kimono yang kebanyakan terbuat dari sutera.
  7. Pemakai kimono harus menggunakan kaus kaki. Tetapi untuk menggunakan yukata, Anda tidak diharuskan memakai kaus kaki.
  8. Obi atau kain besar yang melingkar di pinggang pemakainya pada kimono berukuran lebih besar dibandingkan yukata.
  9. Obi pada kimono pun berbentuk lebih padat ketimbang yukata karena disangga menggunakan papan kecil untuk menciptakan kesan rapi.