3 Perbedaan antara Aplikasi VIU dan HOOQ

Aplikasi VIU dan HOOQ semakin populer karena keduanya sama-sama hampir selalu ada di setiap pilihan paket internet Telkomsel. Di samping kuota normal dan kuota midnight, Telkomsel sering memberikan kuota khusus untuk menonton film dengan kapasitas yang cukup besar hingga bergiga-giga byte. Tetapi pengguna harus memakai aplikasi yang bernama VIU atau HOOQ untuk dapat memanfaatkan paket tersebut.

Video-on-demand merupakan aktivitas menonton suatu video secara streaming melalui smartphone. Yang namanya video pasti kapasitas datanya begitu besar karena digunakan untuk suara dan grafis. Menggunakan kuota internet biasa masih dirasa pemborosan bagi sebagian pengguna apabila dipakai untuk streaming film, video hiburan, dan konten tidak penting lainnya. Dari sinilah kemudian Telkomsel berupaya menyenangkan pelanggannya dengan memberikan kuota khusus untuk menonton film melalui VIU dan HOOQ.

perbedaan-viu-dan-hooq.jpg

Buat Anda yang penasaran akan karakteristik dari kedua aplikasi tersebut, berikut ini kami sampaikan ulasan secara lengkap tentang perbedaan-perbedaan VIU serta HOOQQ!

  1. Isi Konten

Pada dasarnya, VIU dan HOOQ memiliki kesamaan sebagai aplikasi smartphone untuk menonton film melalui streaming data. Film yang ada di keduanya juga selalu dilengkapi dengan subtitle bahasa indonesia yang baik dan benar. Faktor yang menjadi pembeda utamanya ialah jenis konten film yang ada di kedua layanan ini. VIU lebih fokus menyajikan konten-konten yang berasal dari Asia seperti drama Korea, Jepang, Taiwan, India, dan sebagainya. Bahkan film-film buatan Indonesia pun dapat ditonton pula di sini lho. Sedangkan aplikasi HOOQ berfokus pada penyajian isi konten berupa film-film produksi Hollywood.

  1. Fitur Langganan

Antara VIU dan HOOQ sebenarnya sama-sama merupakan layanan premium, di mana Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Tentu saja ada biaya berlangganan yang haru Anda bayarkan setiap periode tertentu. Tapi tenang, keduanya sama-sama memberikan trial selama 30 hari untuk digunakan secara cuma-cuma (hanya perlu paket data tanpa berlangganan). Setelah masa gratis selama 30 hari tadi habis, Anda harus berlangganan ke HOOQ untuk bisa menonton film di aplikasi ini lagi. Sementara VIU relatif lebih baik karena memberikan fitur freemium, di mana Anda bila tidak mau tetap tidak perlu berlangganan, tetapi film yang bisa ditonton adalah film yang diproduksi sebelum tahun 2015.

  1. Biaya Langganan

Perbedaan terakhir antara VIU dengan HOOQ terletak pada biaya berlangganannya. Anda bisa melihat sendiri pilihan biaya berlangganan langsung dari aplikasi VIU dan HOOQ yang sudah Anda instal. Walaupun ada selisih perbedaan dari segi harga, bukan berarti harga yang lebih murah selalu menjadi pilihan yang terbaik. Anda harus memperhatikan minat dan kecenderungan Anda dalam menonton film sehingga biaya langganan yang telah Anda gunakan benar-benar berguna karena isi konten yang dinikmati benar-benar dapat menghibur Anda.