Enam Perbedaan Kelinci dan Terwelu

Apakah perbedaan antara kelinci dan terwelu? Kebanyakan orang Jawa sering menyebut kata terwelu daripada kata kelinci. Hal ini membuat masyarakat awam menganggap kalau terwelu itu sama dengan kelinci. Tidak sedikit pula yang mengira kalau bahasa jawanya kelinci adalah terwelu. Padahal kelinci dan terwelu sebenarnya merupakan binatang yang berbeda. Keduanya sekilas tampak mirip karena berasal dari famili yang sama, tetapi genusnya berbeda.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menerjemahkan hal-hal apa yang membedakan antara kelinci dan terwelu. Tujuannya tentu supaya Anda bisa mengetahui dengan benar bagaimana ciri-ciri kelinci serta terwelu. Jadi bila suatu hari Anda tertarik untuk memelihara kelinci, Anda tidak keliru membeli terwelu, dan sebaliknya. Barangkali Anda punya pendapat lain, silakan bisa disampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Kelinci

perbedaan-kelinci-dan-terwelu.jpg

Kelinci merupakan binatang mamalia yang sebagian besar termasuk dalam ordo Lagomorpha. Selanjutnya ordo tersebut terdiri atas dua famili yaitu Leporidae dan Ochtonidae. Kelinci serta terwelu tergolong dalam famili Leporidae. Genus di dalam famili ini yang dapat disebut sebagai kelinci ada delapan genera antara lain Pentalagus, Bunolagus, Nesolagus, Romerolagus, Brachylagus, Sylvilagus, Oryctolagus, dan Poelagus.

Ada kelinci peliharaan, ada juga kelinci liar. Sedangkan menurut bulunya, ada kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjang. Lain lagi kalau dilihat dari rasnya, terdapat banyak sekali ras kelinci seperti Angora, Lyon, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Indonesia patut berbangga karena mempunyai kelinci ras asli yakni kelinci sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci ini memiliki ciri-ciri bulunya berwarna kelabu cokelat kekuningan dan panjang badannya dapat mencapai 40 cm.

Terwelu

perbedaan-terwelu-dan-kelinci.jpg

Terwelu adalah hewan mamalia yang memiliki tubuh berukuran kecil. Posturnya yang mungil memudahkan terwelu berlari hingga kecepatannya mencapai 70 km/jam. Sekilas terwelu mirip sekali dengan kelinci karena masih-masih tergolong sebagai anggota dari famili Leporidae. Khusus terwelu merupakan spesies yang termasuk dalam genus Lepus.

Terwelu rata-rata memiliki panjang tubuh sekitar 50-70 cm dengan berat badan sampai 4-5 kg. Ukuran kepalanya lebih kecil daripada kelinci dengan kumis yang lebih panjang. Ukuran telinganya pun cukup panjang. Jika telinga ini ditarik ke depan, maka panjangnya bisa melampaui bagian ujung hidung. Biasanya terwelu berwarna kelabu atau cokelat yang berpadu dengan warna putih di bagian bawah perut. Kebiasaannya ialah suka berjingkat, mengangkat telinga, serta menciumi udara untuk mengetahui kondisi sekelilingnya.

Perbedaan

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara kelinci dengan terwelu yaitu :

  1. Kelinci merupakan binatang peliharaan. Berbeda dengan terwelu yang sebagian besar masih tergolong sebagai hewan liar.
  2. Kelinci membuat sarang dengan menggali lubang di bawah tanah. Sedangkan sarang terwelu terletak di atas permukaan tanah dan bukan berupa lubang.
  3. Sewaktu lahir, kondisi anak kelinci sangat lemah karena belum bisa melihat dan tidak diselimuti bulu. Lain halnya dengan anak terwelu yang baru lahir sudah dapat melihat serta memiliki bulu di tubuhnya.
  4. Terwelu rata-rata mempunyai postur tubuh dan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan kelinci.
  5. Telinga yang dimiliki terwelu pun berukuran lebih panjang daripada telinganya kelinci.
  6. Kebanyakan terwelu memiliki bercak-bercak hitam pada bulunya. Sementara itu, bulu kelinci mempunyai warna yang mulus tanpa bercak-bercak hitam.