Ini Lho Bedanya LED TV dan LED Monitor

Apakah perbedaan LED TV dan LED monitor? Zaman serba canggih, teknologi yang disematkan ke dalam perangkat elektronik pun semakin membuat kita berdecak-decak kagum. Jika dulu kita pernah berkhayal tentang perangkat elektrik yang mampu menampilkan video dengan kualitas gambar seperti aslinya, kini khayalan tersebut sudah menjadi kenyataan lewat LED. Teknologi LED juga memungkinkan ukuran perangkat penayang video semakin tipis.

Teknologi LED dinilai memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi LCD dan teknologi plasma. Kebutuhan energi listriknya pun lebih hemat dengan kehandalan menampilkan gambar yang berkualitas tinggi. Keunggulan lainnya ialah cahaya yang ditampilkan oleh LED bisa diatur dengan sangat rinci. Tak ayal, tingkat permintaan perangkat LCD pun meningkat tajam jauh melampau teknologi-teknologi sebelumnya.

Teknologi LED paling banyak diaplikasikan untuk membuat monitor komputer dan televisi. Sudah pasti spesifikasi yang dimiliki oleh LED monitor dan LED televisi tersebut memiliki perbedaan. Meskipun begitu, ada beberapa LED monitor yang bisa dijadikan sebagai LED televisi dan sebaliknya asalkan mempunyai dukungan. Jadi kalau misalnya Anda saat ini sedang berniat membeli LED TV atau LED monitor, manakah yang lebih baik dipilih?

led-tv-led-monitor.jpg

LED TV

LED TV adalah perangkat LED yang khusus ditujukan sebagai sebuah televisi. Ada sejumlah LED TV yang dilengkapi dengan port VGA sehingga bisa dialihfungsikan menjadi monitor komputer. Kendati demikian, kualitas gambar yang ditampilkan oleh LED TV ini tidak sebagus LED monitor sehingga kurang cocok untuk mendukung pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Jangan heran kalau harga LED TV juga umumnya dibanderol dengan nominal yang lebih murah.

Di samping untuk menayangkan siaran televisi, kebanyakan LED TV juga sudah dibekali dengan fitur multimedia untuk memainkan file video dan film. Perangkat ini sangat baik apabila dilihat dari jarak cukup jauh lebih dari 3 m. Selain itu, tingkat kecerahan (brightness) pada LED TV juga biasanya lebih tinggi. Begitu pula dengan range warna yang dimiliki oleh LED TV hanya cukup memenuhi standar PAL/NTSC, di mana range tersebut lebih sempit daripada sRGB/Adobe RGB.

LED Monitor

LED monitor ialah perangkat elektronik berteknologi LED yang diciptakan sebagai monitor untuk komputer. Perangkat ini bisa Anda koneksikan dengan CPU sebagai media penampil data. Keunggulan dari LED monitor yaitu layarnya lebih aman ditonton dalam jarak yang cukup dekat karena tingkat kecerahannya rendah. Kualitas gambar yang mampu ditampilkannya pun jauh lebih baik dan sangat mendetail.

LED monitor adalah pasangan yang paling tepat bagi komputer Anda. Perangkat ini sanggup menampilkan grafis yang persis sekali dengan aslinya. Anda yang sehari-hari bekerja di dunia grafis harus menggunakan LED monitor. Susunan piksel-pikselnya yang sangat rapat membuat LED monitor bisa menampilkan detail grafis bahkan yang ukurannya kecil sekalipun. Kualitas cahayanya pun dapat diatur sedemikian rupa sehingga bisa disetting agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menjadikan LED monitor sebagai televisi, Anda memerlukan perangkat tambahan yang disebut TV Tuner. Perangkat ini mampu mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga siaran televisi pun dapat ditayangkan. Masalahnya, harga LED monitor lebih mahal sehingga kerap membuat orang berpikir ulang menjadikannya sebagai televisi.