Oh, Ini Perbedaan Tepung dan Pati!

Tepung dan pati yang dilihat secara sekilas akan terlihat sangat mirip nyaris tanpa perbedaan. Namun faktanya adalah tepung tidak sama dengan pati. Tapi tenang bukan Anda sendiri yang selama ini menganggap kalau kedua bahan tersebut sama. Masih ada banyak sekali orang yang beranggapan persis seperti Anda yang mengira tepung tidak berbeda dengan pati.

Dalam bahasa inggris tepung disebut flour sedangkan pati adalah starch. Walaupun terbuat dari bahan baku yang sama, tepung dan pati merupakan dua jenis bahan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan dari kedua bahan ini terletak pada segi warna, tekstur, dan kandungan gizinya. Oleh karena itu, tepung dan pati juga digunakan untuk tujuan yang berbeda dalam proses pemasakannya.

perbedaan-tepung-dan-pati.jpg

Di bawah ini perbedaan-perbedaan yang harus Anda ketahui antara tepung dan pati!

  1. Pembuatan

Proses pembuatan tepung berbeda dengan pati, meskipun bahan bakunya sama persis. Misalnya pada pembuatan tepung singkong dan pati singkong (tepung tapioka). Tepung singkong dibuat dengan menggiling singkong yang sudah kering lalu diayak agar didapatkan butiran-butiran yang sangat kecil. Berbeda dengan pati singkong yang dibuat dengan memeras parutan singkong, lalu didiamkan selama beberapa saat agar terbentuk endapan pati. Kemudian endapan ini dijemur untuk menghilangkan kadar airnya sampai yang tersisa hanyalah pati.

  1. Warna

Bagi orang awam yang jarang memasak, tepung dan pati akan kelihatan sama persis tidak ada bedanya yaitu sama-sama putih. Namun bila diperhatikan secara lebih seksama, warna putih pada tepung ternyata tidak sama dengan putihnya pati. Pati memiliki warna yang benar-benar putih dan bersih. Sementara tepung berwarna putih namun sedikit kecokelat-cokelatan.

  1. Tekstur

Soal tekstur ini pula yang menjadi pembeda antara tepung dengan pati. Cobalah Anda menyentuh kedua bahan tersebut menggunakan jari tangan. Anda akan merasakan kalau tekstur pati sangatlah halus dan lembut. Kemudian bandingkan dengan tepung yang terasa lebih kasar dan padat.

  1. Karakteristik

Untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh tepung ataupun pati, Anda bisa mencampurkannya dengan air secukupnya. Tepung yang ditambahi air akan langsung menyatu dan larut dengan sempurna. Ketika didiamkan, campuran tepung dan air ini juga tidak bakal memisah. Hal yang berbeda terjadi pada pati yang agak sulit larut dengan air sehingga perlu diaduk terlebih dahulu. Bila Anda mendiamkan campuran ini selama beberapa saat, pati akan terpisah kembali dengan air dan mengendap di bagian dasar.

Ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya pati, tetapi kita umumnya menyebut bahan ini sebagai tepung. Di antaranya yaitu tepung tapioka/pati singkong, tepung maizena/pati jagung, tepung sagu/pati sagu, tepung hunkwe/pati kacang hijau, tepung ubi jalar/pati ubi jalar, dan tepung tangmien/pati terigu. Sedangkan bahan-bahan makanan yang asli merupakan tepung antara lain tepung terigu, tepung beras, tepung ketan, tepung karut, dan sebagainya.