Perbedaan Cincin Emas, Perak, dan Titanium

Apakah perbedaan cincin emas, perak, dan titanium? Cincin masih menjadi perhiasan yang sangat disukai oleh semua kalangan. Tidak hanya para wanita, pria-pria pun terlihat pantas saat mengenakan cincin. Apalagi jika cincin tersebut dipadukan dengan mahkota yang tampak maskulin. Belakangan juga booming tren membuat cincin couple untuk sepasang muda-mudi yang sedang kasmaran.

Ada tiga jenis bahan baku yang biasa dipakai untuk membuat cincin yaitu emas, perak, dan titanium. Para pengrajin yang handal bisa mengolah ketiga logam tersebut menjadi cincin yang luar biasa indah. Diperlukan kecermatan yang tinggi bagi Anda untuk bisa membedakannya dengan benar, apalagi bagi orang awam. Jadi penting sekali bagi Anda untuk membekali diri tentang ciri-ciri cincin emas, cincin perak, dan cincin titanium sebelum membelinya.

cincin-emas-perak-titanium.jpg

Cincin Emas

Cincin emas mempunyai nilai yang tinggi dan cenderung meningkat sehingga kerap dijadikan pula sebagai investasi. Itu sebabnya tidak heran kalau banyak sekali pemain nakal yang mencoba menjual cincin emas palsu. Agar tidak tertipu, sebaiknya Anda membeli cincin ini di toko emas yang benar-benar terpercaya. Orang-orang terdekat Anda pasti mengetahui di mana toko yang paling bagus untuk membeli cincin emas di kota Anda.

Cincin emas sekarang tidak hanya berwarna kuning, tetapi ada pula yang berwarna putih. Beberapa cincin biasanya dilengkapi dengan keterangan derajat karatnya di penampang bagian belakang. Anda sebenarnya bisa mengetes keaslian suatu emas dengan menggores, membakar, atau menggigitnya karena permukaan cincin emas gampang terluka. Namun bila metode ini dilakukan justru akan mengurangi nilai keindahan cincin tersebut. Cara yang lebih aman dikerjakan yaitu menjatuhkan cincin emas dari ketinggian 10-15 cm, lalu dengarkan bunyinya. Cincin emas juga tidak akan menimbulkan iritasi dan gatal pada kulit.

Cincin Perak

Dibandingkan dengan cincin emas, cincin perak memiliki harga yang lebih murah. Meskipun begitu keindahannya pun tidak kalah dibandingkan dengan cincin emas, terutama cincin dari emas putih. Di pasaran, ada dua cincin perak yaitu cincin perak murni dan cincin perak sepuh. Kalau bisa hindari membeli cincin perak sepuh karena pada dasarnya itu merupakan cincin tembaga yang diberi lapisan tipis bahan perak. Ketika lapisan peraknya sudah luntur, cincin tersebut tidak akan terlihat menarik lagi. Lagi-lagi, pembelian cincin perak sebaiknya dilakukan di toko perhiasan ternama.

Cincin Titanium

Bagi Anda yang ingin kelihatan mewah namun tetap santai, Anda bisa sekali-kali mengenakan cincin titanium. Ini merupakan cincin yang paling murah ketimbang dua bahan di atas. Sangat mudah untuk membedakan cincin titanium karena bersifat magnetik. Anda cukup mendekatkan magnet, cincin titanium yang asli pasti akan menempel. Selain itu, titanium memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada besi sehingga bahan ini tidak mudah untuk dibentuk lagi melalui proses peleburan.