Perbedaan Honda Brio Satya dan Brio Sport!

Perbedaan yang mencolok antara Honda Brio Satya dengan Brio Sport tentu saja terletak pada mesin yang ditanamkan ke dalamnya. Seperti kita tahu, Brio Sport menggunakan mesin i-VTEC yang berkapasitas 1300 cc. Sedangkan Brio Satya hanya memakai mesin yang kapasitasnya 1200 cc. Hal ini membuat Honda Brio Sport memiliki performa yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Brio Satya.

Selain itu, Brio Sport juga sanggup menghasilkan daya maksimum hingga mencapai 100 ps/6000 rpm dan torsinya 13 kg.m/4800 rpm. Nilai tersebut kurang lebih setara dengan 15 persen lebih besar daripada kemampuan yang dimiliki oleh Brio Satya. Meskipun begitu, antara Brio Sport dan Brio Satya sama-sama dilengkapi 4 buah silinder segaris dengan 16 katup. Keduanya juga sama-sama mengaplikasikan teknologi Drive by Wire. Persamaan lainnya terletak pada sistem penyuplai bahan bakar yang memakai PGM-FI.

brio-satya-brio-sport.jpg

Nah, di bawah ini faktor-faktor yang menjadikan mobil Brio Satya berbeda dengan Brio Sport!

Dimensi

Menariknya ukuran Brio Satya dan Brio Sport secara keseluruhan tidak jauh berbeda. Perbedaan yang mencolok justru terletak pada berat kosong kedua mobil buatan Honda ini. Bobot Brio Sport transmisi manual adalah 910 kg, sedangkan untuk versi transmisi matic-nya seberat 950 kg. Tidak sama dengan Brio Satya tipe A yang memiliki berat 925 kg serta Brio Satya tipe S dan E yaitu 930 kg.

Transmisi

Seperti yang sudah kami sebut di atas, Brio Sport hadir dalam dua pilihan transmisi. Yakni mobil yang menggunakan transmisi manual dan juga mobil bertransmisi otomatis. Sementara untuk semua tipe Brio Satya dilengkapi dengan senjata berupa transmisi manual. Sedangkan persamaannya ialah sama-sama memiliki 5 percepatan dengan fitur Grade Logic Control dan Shift Hold System.

Kemudi

Brio Sport dan Brio Satya juga mempunyai perbedaan di sistem kemudinya. Hal ini dikarenakan Brio Sport sudah dilengkapi dengan fitur tilt steering. Sayangnya Brio Satya tidak dibekali fitur tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab kedua mobil ini sama-sama sudah menggunakan fitur Rack & Pinion serta Electric Power Steering.

Velg

Velg yang terpasang pada mobil Brio Sport terbuat dari bahan alloy. Begitu pula dengan Brio Satya tipe E menggunakan velg dengan bahan yang sama. Sementara itu, Brio Satya tipe A dan tipe S tidak memakai velg dari bahan alloy. Adapun untuk ukurannya sama persis yaitu 175 / 65 R14.

Eksterior

Ada banyak sekali perbedaan antara Brio Sport dan Brio Satya dari segi eksteriornya. Misalnya Brio Sport dilengkapi dengan lampu kabut. Sedangkan lampu kabut pada Brio Satya hanya tersedia di tipe E. Bumper belakang Brio Sport juga beraksen E, berbeda dengan bumper belakang Brio Satya tipe E yang berwarna hitam. Perbedaan juga terletak pada wiper belakang, di mana hanya tipe E Brio Satya yang memilikinya. Sedangkan untuk semua varian Brio Sport dilengkapi wiper belakang ini.

Interior

Nuansa desain interior yang terdapat di dalam mobil Brio Sport pun tidak sama dengan Brio Satya. Secara keseluruhan, fitur-fitur yang dimiliki oleh Brio Sport jauh lebih komplit dibandingkan Brio Satya. Brio Sport diperkaya dengan sistem audio dengan double din dan empat speaker, power door mirror, dual sunvisor dengan kaca, dual tone warna interior, dual seatback pocket, serta tiga grab rail.