3 Perbedaan Buah Nanas Madu dan Nanas Biasa

Apakah perbedaan antara nanas madu dan nanas biasa? Nanas (Ananas comosus) adalah tanaman tropis yang termasuk dalam famili Bromeliaceae di genus Ananas. Tanaman ini dipercaya berasal dari Brasil, Paraguay, dan Bolivia. Tanaman nanas berbentuk tumbuhan rendah dan menahun. Tumbuhan ini memiliki daun yang panjang, berujung tajam, serta tersusun dalam bentuk roset yang mengelilingi batang tebal.

Perlu Anda ketahui, buah nanas sebenarnya bukanlah buah sejati. Buah tersebut aslinya merupakan gabungan dari buah-buah sejati. Seiring dengan perkembangannya, semua buah tersebut akan tergabung bersama dalam sebuah bunga majemuk sehingga menjadi satu buah yang besar. Bagian mahkota buah nantinya bisa digunakan sebagai sarana untuk memperbanyak tanaman nanas secara vegetatif.

Sentra perkebunan nanas di Indonesia terletak di provinsi Lampung. Ada beberapa jenis tanaman nanas yang dibudidayakan oleh petani lokal di sini. Salah satunya ialah nanas madu. Buah nanas varietas ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada biasanya. Rasa daging buahnya pun lebih manis dan segar dengan aroma khas nanas yang begitu kuat. Hal ini lantas membuat harga nanas madu terbilang cukup mahal.

Sayangnya selalu ada penjual nakal yang sengaja berbuat kecurangan hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka menyediakan buah nanas palsu untuk mengecoh para pembeli. Dinamakan palsu karena buah tersebut bukan nanas madu, tetapi buah nanas dari varietas lain yang rupanya mirip sekali dengan buah nanas madu. Tetapi jika dirasakan daging buahnya, maka buah nanas madu palsu tadi memiliki rasa yang lebih masam dan aroma khas nanasnya pun tidak terlalu kuat.

perbedaan-buah-nanas-madu.jpg

Bagi Anda yang saat ini berniat ingin membeli buah nanas madu, silakan baca tips berikut ini untuk mengetahui perbedaannya dengan buah nanas biasa.

  1. Bunyi Ketika Disentil

Kami jamin Anda tidak akan bisa mengetahui suatu buah nanas apakah nanas madu atau bukan kalau hanya dilihat saja. Bahkan seseorang yang sudah bergelut cukup lama pun akan merasa cukup kesulitan. Biasanya ciri khas yang mereka perhatikan ialah mata kulit/sisik kulit buahnya yang berukuran lebih besar. Kemudian jika kulit buah tersebut disentil akan terdengar suara yang cukup nyaring seperti saat kita menyentil telapak tangan. Hal ini dikarenakan nanas madu mengandung daging buah yang tebal dan cukup berair.

  1. Rasa yang Manis

Kalau Anda berencana akan membeli buah nanas madu dalam jumlah yang cukup banyak, usahakan Anda mencicipinya terlebih dahulu. Pilihlah buah nanas madu sendiri yang ingin dijadikan sampel. Jangan pernah mengambil buah yang diberikan oleh penjualnya. Bila penjual tadi nakal, maka buah nanas yang ia berikan saat Anda mencicipi buah di lapaknya memang nanas madu. Tetapi buah-buah lain yang Anda bawa ke rumah bukan nanas madu. Buah nanas madu memiliki daging yang tebal dengan rasa yang sangat menyegarkan hasil dari perpaduan antara manis, sedikit sekali masam, dan kandungan air yang cukup.

  1. Aromanya Sangat Wangi

Seperti kita tahu, buah nanas mempunyai aroma yang sangat khas. Aroma tersebut begitu menyegarkan sehingga turut membuat rasa daging buahnya semakin nikmat. Khusus untuk nanas madu, buah ini memiliki aroma khas yang lebih kuat daripada nanas-nanas yang lain. Bahkan dengan menghirup aroma buahnya saja Anda sudah dapat merasakan kesegaran dari buah nanas yang satu ini. Memang pantas kalau buah nanas madu termasuk buah dengan kualitas yang super.