Perbedaan Adipura dan Kalpataru

Apa sih beda antara adipura dan kalpataru? Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan tertinggi kepada mereka yang telah berjasa bagi lingkungan hidup. Kedua penghargaan tersebut biasanya diberikan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal. Walaupun dasar-dasar yang menjadi acuan pemberian adipura dan kalpataru ini mirip, tetapi kenyataannya ada perbedaan-perbedaan yang mencolok.

Anda mungkin tertarik untuk mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan hidup semacam ini? Namun seperti apa yang pernah dikatakan Doc Hudson dalam film animasi Cars bahwa itu hanyalah sebuah mangkuk kosong. Mau dikasih penghargaan kek, mau nggak dikasih penghargaan kek, yang peting selow ae. Kesadaraan, kepedulian, dan kecintaan Anda terhadap lingkungan hidup lah jauh lebih penting dari semua itu.

perbedaan-adipura-dan-kalpataru.jpg

Adipura

Adipura adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota di Indonesia yang telah berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan dengan baik. Jadi jelas bahwa subjek yang memperoleh penghargaan di sini adalah kota, bukan individu maupun kelompok. Semakin rapi kondisi suatu kota maka peluang untuk mendapatkan adipura akan semakin besar. Untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan, piala adipura ini biasanya bakal dipajang di balai kota.

Namun seperti kita tahu, ada banyak sekali jumlah kota di Indonesia yang masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini kemudian mendorong pemerintah terkait untuk mengelompokkannya menjadi empat kategori berdasarkan jumlah penduduknya. Di antaranya yaitu :

  1. Kota metropolitan yang memiliki penduduk lebih dari 1.000.000 jiwa.
  2. Kota besar yang memiliki penduduk antara 500.000 hingga 1.000.000 jiwa.
  3. Kota sedang yang memiliki penduduk antara 100.000 hingga 500.000 jiwa.
  4. Kota kecil yang memiliki penduduk kurang dari 100.000 jiwa.

Kalpataru

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada individu atau kelompok yang telah berjasa di bidang lingkungan hidup terutama dalam usahanya melestarikan lingkungan hidup. Kata kalpataru berasal dari bahasa sansekerta yakni kalpataru/kalpawreksa yang berarti pohon kehidupan. Sedangkan untuk simbol kalpataru berasal dari relief kalpataru yang terdapat di candi-candi di Indonesia. Penganugerahan kalpataru dilakukan pertama kali di tahun 1981 dan terus dilaksanakan setiap tahun sampai sekarang.

Terdapat empat kelompok penerima penghargaan kalpataru, antara lain :

  1. Perintis lingkungan meliputi warga negara Indonesia perseorangan bukan pegawai negeri maupun tokoh organisasi formal.
  2. Pengabdi lingkungan meliputi pegawai negeri atau petugas lapangan.
  3. Penyelamat lingkungan meliputi kelompok masyarakat, baik formal ataupun informal.
  4. Pembina lingkungan meliputi pejabat, peneliti, pengusaha, atau tokoh masyarakat.

Perbedaan

Dari keseluruhan uraian di atas, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ada perbedaan yang mendasar antara adipura dengan kalpataru. Tidak lain yaitu subjek yang berhak menerima masing-masing penghargaan tersebut. Kalpataru merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada seseorang atau kelompok orang. Berbeda dengan adipura yang merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada kota.