Perbedaan Jelas antara Hotel Bintang 1 sampai 5

Apakah perbedaan antara hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5? Hore akhirnya waktu liburan yang kita tunggu-tunggu selama ini sudah tiba. Kini saatnya kita semua bersenang-senang dan memanjakan diri ke tempat yang mengasyikkan. Anda mau liburan ke Pulau Bali, Kepulauan Raja Ampat, atau pergi ke luar negeri? Nah biar lebih praktis, jangan lupa untuk memesan kamar hotelnya terlebih dahulu dari rumah ya. Jadi pas tiba di tempat di tujuan nanti Anda bisa langsung melakukan check-in di hotel.

Tahukah Anda, ada lima macam hotel yang dibedakan menurut kualitasnya. Kualitas hotel tersebut biasanya disimbolkan memakai bintang. Hotel bintang satu mempunyai mutu yang paling rendah dan hotel bintang lima adalah yang terbaik. Usut punya usut, ternyata majalah Forbes Travel Guide yang pertama kali mencetuskan ide rating hotel menggunakan bintang ini. Namun karena tidak ada aturan yang baku, sampai saat ini masih simpang siur faktor-faktor apa yang menjadi bahan pertimbangan rating hotel ini. Satu hal yang pasti semakin banyak pelayanan dan kualitas yang ditawarkan oleh suatu hotel, maka semakin tinggi pula rating bintangnya.

Khusus hotel di Indonesia, ada satu rating khusus yang dinamakan melati. Hotel melati adalah hotel yang belum memenuhi kualifikasi untuk disebut sebagai hotel bintang 1. Hotel ini biasanya hanya dilengkapi fasilitas dasar untuk mendukung kenyamanan kamar tidur seperti AC dan kamar mandi dalam. Jumlah kamar yang dimiliki oleh hotel melati pun tidak terlalu banyak. Menariknya lagi, hotel melati masih bisa dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu hotel melati kelas I, kelas II, dan kelas III.

  • Hotel melati kelas I minimal mempunyai 5 kamar.
  • Hotel melati kelas II minimal mempunyai 10 kamar.
  • Hotel melati kelas III minimal mempunyai 15 kamar.

perbedaan-hotel-bintang-1-5.jpg

Pada kesempatan kali ini, kami akan membuat ulasan tentang perbedaan antara hotel bintang 1 sampai 5. Tentu saja semakin banyak rating bintang yang didapatkan, maka harga sewa kamar di hotel tersebut akan semakin mahal. Dan untuk mendapatkan kamar hotel yang terbaik Anda wajib menyesuaikannya dengan kenyamanan, kebutuhan, dan anggaran juga.

Hotel Bintang 1 (*)

Hotel bintang 1 mempunyai kamar minimal 15 buah. Masing-masing kamar tersebut paling tidak berukuran 20 m2. Fasilitas yang ada di dalam kamar berupa AC dan kamar mandi. Bedanya dengan hotel melati kelas III, hotel bintang 1 sudah dilengkapi dengan restoran sendiri. Jadi Anda bisa bersantap di dalam hotel tersebut. Kebanyakan hotel bintang 1 dikelola oleh pihak pribadi.

Hotel Bintang 2 (**)

Hotel bintang 2 memiliki dua pilihan tipe kamar yaitu kamar standar dan kamar suite. Jumlah minimal kamar standar yang ada di hotel ini adalah 20 kamar dengan ukuran 22 m2. Sedangkan minimal jumlah kamar tipe suite sebanyak 1 kamar yang ukurannya 44 m2. Di dalam kamar hotel bintang 2 terdapat fasilitas yang cukup beragam seperti AC, televisi, telepon, dan kamar mandi. Hotel bintang 2 juga biasanya sudah dilengkapi loby serta mempunyai sarana olahraga dan tempat rekreasi.

Hotel Bintang 3 (***)

Hotel bintang 3 adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda sekeluarga menginap. Hotel ini dilengkapi dengan minimal 30 kamar standar dan 2 kamar suite. Ruangan kamar tipe standar paling tidak berukuran 24 m2 dan dua kali lipatnya untuk ukuran tipe kamar suite. Terdapat pula kamar yang berjenis family room sehingga bisa digunakan bersama. Kamar tidur di hotel bintang 3 memiliki fasilitas-fasilitas antara lain kamar mandi, televisi, AC, telepon, dan hotspot. Di hotel bintang 3 juga terdapat sarana rekreasi dan olahraga serta buffet breakfast.

Hotel Bintang 4 (****)

Hotel bintang 4 sudah dapat digolong sebagai hotel yang mewah karena fasilitas dasar hotel ini sudah tidak perlu dipertanyakan. Hotel semacam ini wajib menyediakan minimal 50 kamar standar ukuran 24 m2 dan 3 kamar suite ukuran 48 m2. Beberapa fasilitas yang terdapat di dalam kamar tidur meliputi shower dengan pilihan air panas/dingin, televisi, AC, telepon, dan hotspot. Sedangkan untuk fasilitas-fasilitas yang bisa didapatkan di luar kamar/masih di hotel yaitu kolam renang, gym, bar, dan toilet umum. Hotel bintang 4 umumnya dibangun di lokasi yang strategis serta dekat pusat perbelanjaan dan tempat wisata.

Hotel Bintang 5 (*****)

Hotel bintang 5 merupakan hotel yang paling bagus. Ketika Anda berkunjung ke hotel ini, Anda akan disambut dengan baik dan dilayani seperti seorang raja. Semua tamu akan diberikan welcome drink setelah melakukan check-in. Ada minimal 100 kamar standar berukuran 26 m2 serta 4 kamar suite berukuran 52 m2 di dalam hotel ini. Semua perabotan yang ada di dalam kamar juga dipilih yang dibuat oleh merek ternama. Fasilitas standar kamar tidur di hotel bintang 5 antara lain shower air panas/dingin, toilet, televisi, AC, telepon, dan hotspot. Selain gym, bar, kolam renang, dan tempat rekreasi, di sini juga ada restoran yang terus buka selama 24 jam.