Ini Dia 8 Perbedaan antara KFC dan CFC

Apa bedanya KFC dengan CFC? Ayam goreng merupakan satu dari sekian menu makanan yang disukai oleh banyak orang. Hampir setiap orang mengaku suka sekali memakan ayam goreng. Mungkin hanya seorang vegetarian saja yang bisa menolaknya. Ayam goreng begitu disukai karena rasanya gurih dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Karena kelezatannya itulah, ayam goreng sudah dirasa lebih dari cukup untuk menemani nasi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memasak ayam goreng. Anda tinggal merendam potongan-potongan daging ayam ke dalam cairan bumbu agar rasanya meresap ke daging selama beberapa saat. Setelah itu, masukkan daging ayam tersebut ke adonan tepung kering, lalu celupkan sejenak ke adonan tepung basah. Kemudian masukkan sekali lagi daging ayam ke adonan tepung kering biar lapisan tepungnya semakin tebal. Kalau mau tekstur luar yang lebih garing, Anda bisa menggunakan tepung roti sebagai adonan terakhirnya.

perbedaan-kfc-dan-cfc.jpg

Sayangnya tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup untuk sekadar menggoreng daging ayam. Misalnya kalau kita hanya ingin memakan sepotong ayam goreng, sepertinya kurang imbang kalau harus menggorengnya sendiri. Oleh sebab itulah, bisnis ayam goreng pun laris manis di seluruh pasar. Ada ayam goreng kaki lima dengan harga yang murah meriah. Ada pula ayam goreng yang dijual oleh restoran ternama seperti KFC dan CFC yang menawarkan rasa yang menggugah selera karena kelezatan dan ciri khas bumbunya.

KFC (Kentucky Fried Chicken)

KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah sebuah restoran ternama yang berasal dari Amerika Serikat. Pendiri dari restoran ini yaitu Kolonel Horland Sanders. Sama seperti yang dialami oleh para pembisnis pemula lainnya, Horland pada mulanya mengalami penolakan dan kegagalan yang banyak sekali hingga akhirnya dia berhasil mengembangkan sendiri restoran miliknya. Terhitung mulai tahun 1952, KFC sukses menjadi pionir restoran waralaba terkemuka di dunia.

Restoran waralaba milik KFC juga sudah banyak tersebar di Indonesia. Bahkan hampir di setiap ibukota provinsi bisa dipastikan ada restoran yang satu ini. Hal ini pula yang membuat brand KFC begitu terkenal. Fokus utama KFC ialah menjual menu ayam goreng, meskipun ada pula pilihan menu lain yang ditawarkannya. Di antaranya seperti es krim, cream soup, minuman float, dan lain-lain. Untuk menarik minat para pelanggan, KFC juga memiliki beragam paket makanan yang harganya lebih hemat.

CFC (California Fried Chicken)

CFC merupakan akronim dari California Fried Chicken. Kendati menggunakan embel-embel kata California yang notabene adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat, tetapi faktanya asal CFC bukanlah dari Negeri Paman Sam. CFC seratus persen merupakan restoran asli Indonesia. Saat ini, pengelola CFC ialah PT Piooner Court Tbk. Awalnya restoran ini bernama CPC (California Piooneer Chicken). Perubahan nama menjadi CFC (California Fried Chicken) baru dilakukan pada tahun 1988.

Sama seperti KFC, menu utama yang tersedia di CFC semuanya berbahan dasar dari ayam goreng. Kendati ada pula variasi pilihan makanan dan paket hemat, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Tentu saja rasa ayam goreng yang dijual CFC sangat enak meskipun ukurannya sedikit lebih kecil daripada produk milik KFC. Begitu pula dengan harganya yang agak lebih mahal. Salah satu alasannya ialah karena KFC gencar sekali memberikan promo, diskon, dan potongan harga kepada konsumennya.

Perbedaan

Setidaknya terdapat dua persama antara KFC dengan CFC yakni keduanya sama-sama merupakan restoran waralaba yang menjadikan ayam goreng sebagai menu utamanya. Sedangkan untuk perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh KFC dan CFC dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Menurut asal usulnya KFC berasal dari Amerika Serikat dan CFC merupakan restoran asli Indonesia.
  2. Waktu pendirian KFC lebih dulu ada dibandingkan dengan CFC yang belakangan muncul.
  3. Brand KFC jauh lebih terkenal daripada CFC. Bahkan hampir seluruh orang di dunia tahu apa itu KFC.
  4. Jumlah gerai yang dimiliki oleh KFC jauh lebih banyak ketimbang CFC. Gerai KFC hampir selalu ada tiap-tiap negara.
  5. KFC menawarkan menu ayam goreng dengan ukuran yang lebih besar. Namun selisihnya tidak terlalu jauh dengan CFC yang sedikit lebih kecil.
  6. Berdasarkan pendapat dari banyak orang, rasa ayam goreng buatan KFC lebih enak daripada CFC. Tapi ini kembali lagi ke selera pribadi.
  7. Soal harga, KFC mempunyai banyak pilihan paket hemat yang membuat harga menu makanannya lebih murah dibandingkan CFC.
  8. Sebagai jagonya ayam, faktanya KFC tidak hanya menjual menu dari bahan ayam saja. Varian menu selain ayam di KFC lebih banyak ketimbang CFC.