Ini Perbedaan Burung Kacer Jantan dan Betina!

Apa sih bedanya burung kacer jantan dan betina? Burung berkicau yang kini sedang naik daun, khususnya di Indonesia ialah burung kacer. Daya tarik dari burung ini terletak pada bunyi kicauannya yang sungguh merdu, lantang, serta bervariasi. Gayanya saat bernyanyi pun tampak menarik dengan mendongakkan kepalanya ke atas.

Sebenarnya burung kacer masih memiliki hubungan dekat dengan burung murai batu sebab keduanya sama-sama termasuk dalam genus Copsychus. Namun burung kacer mempunyai ciri-ciri khusus antara lain ekornya berukuran lebih panjang serta warna bulu tubuhnya dominan hitam dan putih. Kekhasan lainnya ialah burung kacer akan mengangkat ekornya ke atas saat berjalan di tanah.

Para penghobi kebanyakan lebih tertarik dengan burung kacer jantan daripada burung kacer betina. Penyebabnya sudah pasti karena burung kacer jantan mempunyai kualitas suara yang jauh lebih baik. Suara kacer jantan lebih merdu dan lebih lantang ketimbang kacer betina. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan alami burung kacer jantan yang menggunakan suaranya untuk memikat hati si betina.

kacer-jantan-dan-betina.jpg

Jadi khusus buat Anda yang tertarik mempunyai burung kacer sendiri, pastikan Anda memilih burung kacer jantan. Meskipun burung kacer betina juga pandai bersuara tetapi kualitas suaranya tidak sebagus burung kacer jantan. Anda sebaiknya mengajak teman yang sudah paham pada saat melakukan pembelian agar tidak tertipu. Jangan lupa juga untuk membekali diri Anda tentang bagaimana cara membedakan burung kacer jantan dan betina ini.

PERBEDAAN

Sebenarnya perbedaan antara burung kacer jantan dengan burung kacer betina cukup mencolok. Apalagi jika usia kedua burung tersebut sudah cukup dewasa, maka perbedaannya akan lebih kentara. Anda bisa mengamati bulu hitam yang ada di kepala burung kacer sebagai pembedanya. Kacer jantan memiliki bulu yang berwarna hitam mengkilap. Berbeda dengan bulu pada kacer betina yang warnanya hitam pucat/hitam keabu-abuan.

Justru relatif lebih sulit ketika Anda harus membedakan jenis kelamin burung yang masih anakan. Beberapa bagian yang bisa Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Burung kacer jantan memiliki postur tubuh yang lebih ramping. Sedangkan bentuk tubuh kacer betina cenderung bundar/membulat.
  2. Bagian dada burung kacer jantan tampak datar dan rata. Berbeda dengan bagian dada burung kacer betina yang lebih menonjol ke depan.
  3. Jika dilihat dengan baik, burung kacer jantan dan betina memiliki gaya berdiri yang tidak sama. Sikap berdiri kacer jantan lebih tegap daripada kacer betina.
  4. Kacer jantan mempunyai bintik hitam di bagian permukaan lidahnya. Sementara untuk burung kacer betina tidak memilikinya.
  5. Kepala kacer jantan berbentuk persegi dengan sisi atas yang rata. Namun pada burung kacer betina mempunyai kepala yang berbentuk lonjong.
  6. Ukuran paruh kacer jantan relatif lebih pendek ketimbang kacer betina. Selain itu, paruh kacer jantan juga berwarna hitam di bagian atas dan bawahnya.