Perbedaan Kipas Angin dan AC (Air Conditioner)

Apa perbedaan antara kipas angin dan AC? Rumah-rumah di Indonesia pada umumnya memiliki suasana yang panas karena kita tinggal di iklim tropis. Apalagi kalau sedang musim kemarau, kondisi udaranya terasa sangat panas dan kering. Hanya bangunan yang ada di dataran tinggi saja yang beruntung terasa sejuk, Itu pun jumlahnya jauh lebih sedikit daripada bangunan-bangunan di dataran rendah.

Untuk mengatasi hawa yang panas tersebut, kebanyakan orang menggunakan alat bantu berupa kipas angin atau AC. Mereka memasang perangkat elektronik ini dengan maksud untuk membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih dingin sehingga penghuninya pun merasa nyaman. Perlu Anda ketahui, kipas angin berbeda dengan AC. Perbedaan keduanya akan kami jelaskan sebagai berikut!

Kipas Angin

perbedaan-kipas-angin-ac.jpg

Kipas angin adalah sebuah alat elektrik yang berfungsi untuk mengalirkan udara. Hembusan udara ini tercipta berkat perputaran baling-baling kipas yang sudah dirancang sedemikian rupa dengan bentuk miring. Setiap kali baling-baling tersebut berputar, maka pada saat itu pula angin bakal dihasilkan. Dengan prinsip kerjanya ini, kipas angin mampu melancarkan sirkulasi udara di suatu ruangan sehingga suhunya pun menjadi lebih dingin dan segar. Kipas angin memiliki beragam variasi seperti kipas angin berdiri, duduk, gantung, dan exhausted fan.

AC (Air Conditioner)

perbedaan-ac-kipas-angin.jpg

Sesuai namanya, perangkat AC bertugas untuk mengondisikan suhu di suatu ruangan agar sesuai dengan keinginan. Biasanya orang-orang menggunakan AC untuk keperluan pendinginan suhu kamar. AC sudah dilengkapi dengan beberapa komponen untuk mendukung tugas utamanya tersebut. Bahkan kini sudah diciptakan perangkat AC yang mempunyai kemampuan khusus seperti membunuh nyamuk, menghasilkan oksigen, mencegah kelembaban udara, dan lain-lain.

Perbedaan

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara kipas angin dengan AC ditinjau dari beberapa aspek!

  1. Kipas angin berfungsi untuk mengalirkan udara alias menciptakan angin. Sedangkan fungsi AC yaitu menjaga suhu udara supaya tetap stabil.
  2. Rata-rata produk kipas angin dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan AC. Meskipun ada pula kipas angin yang harganya lebih mahal.
  3. Penggunaan kipas angin bisa di segala tempat, tidak peduli apakah indoor maupun outdoor. Tetapi AC hanya bisa dipakai di ruangan yang tertutup rapat.
  4. Kinerja kipas angin dan AC sama-sama bisa menghilangkan kelembaban udara. Namun AC dapat membuat kondisi udara menjadi kering.
  5. Udara yang dihembuskan kipas angin hanya bisa dirasakan orang di depannya. Berbeda dengan AC yang hasil pendinginannya tersebar ke seluruh ruangan.
  6. Jumlah energi listrik yang dibutuhkan oleh AC rata-rata lebih banyak daripada kipas angin. Walau tidak menutup kemungkinan ada AC yang berdaya rendah.
  7. Ruangan yang dilengkapi kipas angin akan terasa sejuk karena sirkulasi udaranya lancar. Sementara untuk ruangan yang ada AC di dalamnya terasa dingin.
  8. Kipas angin lebih efektif dipakai untuk memutar sirkulasi udara di interior rumah ketimbang AC. Jadi bila ruangan terasa lembab gunakanlah kipas angin.