5 Perbedaan Tahu dengan Tofu!

Apakah perbedaan antara tahu dan tofu? Ada banyak sekali bahan makanan yang bisa dibuat menggunakan biji kedelai. Salah satunya yang paling terkenal adalah tahu. Tahu terbuat dari biji kedelai tanpa kulit ari yang direbus dan dihancurkan. Air dari rebusan tersebut lalu disaring untuk dikumpulkan sari patinya. Nah, sari pati dari biji kedelai inilah yang menjadi cikal bakal dari tahu yang kita makan selama ini.

Ternyata eh ternyata, bukan hanya Indonesia yang mempunyai makanan khas berupa tahu. Tetapi Jepang pun memiliki bahan pangan yang mirip sekali seperti tahu yang biasa disebut tofu. Perbedaan utama antara tahu dan tofu terletak pada teksturnya. Tofu mempunyai tekstur yang lembut sekali. Itulah kenapa, kalangan ibu-ibu di Indonesia sering menyebut tofu sebagai tahu telur.

perbedaan-tahu-dan-tofu.jpg

Sayangnya masyarakat dunia lebih mengenal tofu ketimbang tahu. Hal ini membuat penyebutan tahu dalam bahasa inggris menjadi tofu. Padahal tahu berbeda loh dengan tofu. Perbedaan antara kedua bahan makanan ini akan kami sajikan di bawah ini!

  1. Asal

Tahu adalah makanan khas asli Indonesia. Tahu begitu disukai karena memiliki cita rasa yang lezat, bisa diolah menjadi berbagai masakan, kaya protein, dan harganya cukup murah. Ada beberapa jenis tahu seperti tahu kuning, tahu susu, dan tahu pong. Sedangkan tofu merupakan tahunya orang Jepang. Jenis tofu yang paling populer antara lain kinu tofu yang dimakan mentah serta age tofu yang sudah banyak dijual di Indonesia.

  1. Tekstur

Berbeda dengan tahu yang memiliki tekstur cenderung padat, tekstur tofu terasa lembut sekali di mulut. Perbedaan tekstur yang sangat mencolok ini disebabkan oleh kandungan air di dalamnya. Tofu mengandung air yang sangat banyak. Lain halnya dengan tahu yang mempunyai kandungan air relatif sedikit karena sudah dikurangi pada saat proses pembuatannya.

  1. Kandungan Air

Seperti yang telah disebutkan pada poin kedua di atas, tofu mengandung kadar air yang lebih banyak daripada tahu. Bahkan selisih kandungan air antara kedua panganan ini sangat tinggi. Karena wujudnya sangat licin, tofu harus dikemas di dalam wadah plastik khusus tanpa dikurangi kadar airnya. Sementara untuk tahu bisa langsung dipotong-potong tanpa perlu dimasukkan ke wadah khusus.

  1. Karakteristik

Karakteristik antara tahu dan tofu benar-benar tidak sama. Tahu lebih kuat dan mempunyai wujud yang tetap. Hal ini membuat Anda lebih mudah dalam memasaknya. Bahkan tahu juga bisa dipotong-potong lagi menjadi bentuk yang sesuai selera. Namun tofu cenderung mudah hancur. Anda harus mengeluarkan tofu dari kemasannya terlebih dahulu dengan hati-hati supaya tidak berantakan.

  1. Cara Memasak

Perlakuan yang diberikan pada tahu dan tofu pada saat memasak pun wajib dibedakan. Tahu paling enak dimasak menggunakan bumbu khas Indonesia. Sedangkan tofu paling pas dibuat menjadi sup miso ala Jepang. Kalau Anda mau memasak tumisan dari tahu bisa langsung dilakukan tanpa perlu menggorengnya dulu. Tetapi jika Anda ingin membuat tumisan tofu harus digoreng dulu supaya tidak hancur.