Ini yang Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina!

Apakah perbedaan burung perkutut antara jantan dan betina? Burung perkutut (Geopelia striata) adalah salah satu burung dalam famili Columbidae di dalam genus Geopelia. Aslinya burung perkutut ini hanya memakan biji-bijian, meskipun tidak menutup kemungkinan juga memakan serangga. Burung perkutut mempunyai tubuh berukuran kecil, posturnya ramping, dan berekor panjang. Bagian punggungnya berwarna cokelat dengan tepi hitam serta kepala berwarna abu-abu. Terdapat semacam garis halus di bagian leher sampai bagian sisinya.

Sebenarnya lumayan sulit untuk kita bisa mengetahui jenis kelamin burung perkutut dari pengamatan secara visual saja. Namun untuk Anda yang sudah terbiasa memeliharanya, mungkin perbedaan antara burung jantan dan burung betina mudah dikenali. Misalnya dari mimik mukanya, di mana perkutut jantan biasanya memiliki muka yang tampak garang, sorot kedua matanya tajam, dan kulit yang mengeliling mata tersebut cukup tebal. Kebanyakan burung perkutut jantan juga mempunyai postur tubuh yang lebih besar daripada si betina.

perbedaan-burung-perkutut.jpg

Burung Perkutut Jantan

Anda bisa mengenali burung perkutut jantan dengan memperhatikan karakteristik fisik, tingkah laku, dan suara nyanyiannya. Umumnya perkutut jantan memiliki postur tubuh yang tegap, gagah, dan besar. Bagian pupur (bulu berwarna putih keabu-abuan di kepala) cukup luas hingga mencapai lebih dari setengah area kepalanya. Ukuran ekornya lebih panjang daripada burung perkutut betina. Keseluruhan warna bulu burung ini juga tampak lebih cerah. Pada umumnya burung perkutut jantan memiliki paruh yang panjang, tebal, dan melengkung. Jika sudah dewasa, burung perkutut ini akan menampakkan ciri khasnya yaitu bernyanyi sambil menganggukkan kepala setiap kali didekati perkutut betina.

Burung Perkutut Betina

Kebanyakan burung perkutut betina mempunyai mimik muka yang tampak sayup. Jika Anda perhatikan dengan baik, burung perkutut tersebut kulit mata yang tipis. Ukuran postur tubuhnya pun relatif lebih kecil daripada burung perkutut jantan. Luas area pupur yang dimilikinya tidak lebih dari setengah bagian kepala. Hal ini membuat warna kulit kepalanya terkesan gelap. Kemudian untuk bentuk paruhnya cenderung lurus dengan ukuran ekor yang cukup pendek.

Perbedaan

Kesimpulan dari uraian singkat di atas adalah sebagai berikut :

  1. Postur tubuh burung perkutut jantan lebih besar dan lebih gagah daripada burung perkutut betina.
  2. Burung perkutut jantan memiliki sorot mata yang tajam. Sedangkan sorot mata burung perkutut betina terlihat sayup.
  3. Bagian kepala burung perkutut jantan berwarna cerah. Berbeda dengan warna kepala burung perkutut betina yang tampak gelap.
  4. Burung perkutut jantan mempunyai pupur yang ukurannya lebih luas ketimbang burung perkutut betina hingga mencapai lebih dari separuh kepala.
  5. Burung perkutut jantan akan mengeluarkan bunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala saat didekati burung perkutut jantan.

Perbedaan di atas hanya bisa dikenali setelah usia burung perkutut sudah cukup dewasa. Anda bisa mengetahui jenis kelamin burung perkutut yang masih muda dengan trik berikut ini. Cobalah pegang burung perkutut menggunakan tangan kiri. Lalu silakan raba bagian tulang supitnya memakai jari telunjuk/ibu jari tangan kanan Anda. Jika Anda merasakan bahwa tulang supit tersebut berukuran sempit dan cukup keras, maka kemungkinan besar jenis kelaminnya jantan. Sebaliknya burung perkutut betina mempunyai tulang supit yang renggang dan empuk.