Perbedaan Rayap dan Semut itu Ternyata Ini!

Apakah perbedaan antara rayap dan semut? Anda tentu tidak asing lagi dengan serangga yang bernama rayap serta semut. Yap, kedua binatang kecil tersebut sama-sama mudah dijumpai terutama di rumah-rumah yang jarang dibersihkan. Semut kerap ditemukan sedang asyik mengumpulkan sisa-sisa makanan atau minuman yang terjatuh di lantai. Kadang-kadang mereka juga suka mencuri bahan makanan di dapur. Sedangkan rayap paling hobi menggerogoti kayu sampai menjadi keropos.

Antara rayap dengan semut memang jelas berbeda. Bahkan di dalam taksonomi, persamaan keduanya sebatas hanya termasuk dalam kelas insekta. Selanjutnya rayap tergolong dalam ordo Blattodea, sedangkan semut merupakan anggota dari ordo Hymenoptera. Tahukah Anda, semut merupakan keturunan dari generasi tawon Vespoidea. Semut mengalami evolusi dari wujud asalnya pada periode kapur sekitar 120-170 juta tahun yang lalu. Kemunculan tumbuhan angiosperma dipercaya sebagai pemicu proses evolusi tersebut.

Rayap

perbedaan-rayap-dan-semut.jpg

Rayap adalah serangga sosial yang hidup secara berkoloni. Biasanya serangga ini suka sekali membangun sarangnya di tempat yang gelap dan lembab, tetapi masih memiliki suhu yang hangat. Hal ini dikarenakan ia tidak terlalu tahan terhadap keberadaan cahaya. Rayap mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan memakan kayu. Tidak peduli kayu tersebut keras dan kokoh, rayap akan menggerogotinya sedikit demi sedikit hingga mengakibatkan struktur kayu menjadi keropos. Anda bisa mencegah serangan rayap dengan merendam kayu di dalam larutan insektisida, mengaplikasikan bahan finishing yang anti-rayap, serta menjauhkan kayu dari permukaan tanah. Anda bisa membeli obat anti-rayap di www.alatperabotan.com.

Semut

perbedaan-semut-dan-rayap.jpg

DI dunia ini, ada lebih dari 12.000 spesies yang tersebar di berbagai penjuru, terutama kawasan hutan tropika. Semua serangga yang tergolong dalam famili Formicidae bisa disebut semut. Menyempitnya wilayah habitat alami semut memaksanya untuk hidup berdampingan dengan manusia. Beberapa jenis semut yang sering berada di rumah antara lain semut hitam, semut merah, semut rangrang, semut api, dan semut besar. Kebiasaan buruk semut ialah senang mencuri makanan dan minuman terutama yang rasanya manis. Semut juga suka membuat sarang di sembarang tempat. Beberapa jenis semut bahkan akan menggali lantai atau tembok sebagai sarang.

Perbedaan

Rayap jelas sangat berbeda dengan semut. Perbedaan-perbedaan mendasar antara kedua serangga ini bisa Anda ketahui dari poin-poin di bawah ini!

  1. Rayap termasuk dalam ordo Blattodea dan semut tergolong dalam ordo Hymenoptera.
  2. Berbeda dengan semut, rayap sangat tidak tahan dengan keberadaan cahaya yang terlalu terang.
  3. Tubuh rayap cukup lunak. Sedangkan semut memiliki tubuh yang keras.
  4. Rayap memiliki pinggang yang cukup tebal. Tetapi pinggang semut ukurannya ramping.
  5. Rayap berwarna krem keputih-putihan. Namun semut mempunyai warna hitam atau merah.
  6. Ukuran kaki dan sayap ratu rayap sama. Berlainan dengan ratu semut yang mempunyai sayap yang ukurannya berbeda dengan panjang kaki.
  7. Jika diperhatikan, antena pada rayap berbentuk lurus. Sementara itu, bentuk antena semut agak melengkung/tidak lurus dan bersiku.
  8. Rayap hanya mau memakan kayu atau selulosa. Berbeda dengan semut yang termasuk serangga omnivora. Semut suka mengonsumsi berbagai bahan makanan, khususnya makanan yang kaya glukosa dan protein.