Perbedaan Tahu Susu dan Tahu Sutera

Apakah perbedaan antara tahu susu dan tahu sutera? Kita semua tahu banyak sekali jenis tahu di Indonesia. Di antaranya ada tahu susu serta tahu sutera. Kedua tahu ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang lebih lembut daripada tahu-tahu lainnya. Namun terdapat perbedaan dari kedua jenis tahu ini. Anda harus mengetahui apa bedanya tahu susu dengan tahu sutera supaya bisa memilihnya dengan benar.

Meski sama-sama memiliki tekstur yang sama, pada tahu susu ditambahkan dengan bahan susu sapi murni. Sedangkan pada tahu sutera tidak sama sekali. Tahu susu diproses dengan cara menggumpalkan protein yang terdapat di dalam susu dengan trenet atau asam seperti lemon juice atau cuka. Dengan membuang bagian cairnya, bagian susu yang telah menggumpal tersebut kemudian dipadatkan.

tahu-susu-tahu-sutera.jpg

Sedangkan tahu sutera atau biasa kita sebut sebagai tofu, pada proses penggumpalannya menggunakan glucono delta lactol sebagai bahan penggumpalannya. Dengan konsentrasi yang sangat rendah berkisar 0,2-0,3 persen dari jumlah kedelai yang dipakai. Selain itu, dalam pengolahan guld atau hasil penggumpalan tahunya, guld atau gumpalan tahu tidak dipress maupun dipisahkan dari cairan. Melainkan harus didiamkan supaya menyerupai agar-agar.

Yang paling penting yang harus Anda tahu ketika mengolah tahu susu dan tahu sutera ini harus sangat hati-hati. Ini dikarenakan bahannya yang sangat lembut sehingga membuat kedua tahu ini mudah sekali hancur. Anda harus mengolahnya dengan cara yang tepat. Nah, bagaimana cara mengolah tahu susu dan tahu sutera ini supaya tidak cepat hancur? Kami punya tipsnya. Silakan simak tips-tips selengkapnya di bawah ini!

Berikut ini adalah cara menggoreng tahu susu atau tahu sutera agar tidak mudah hancur :

  1. Rendam tahu susu atau tahu sutera di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit kemudian angkat dan tiriskan dari sisa air.
  2. Potong tahu sesuai dengan selera ukuran dadu namun dimulai dari tengah. Potong dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan jangan terlalu tipis.
  3. Balut potongan tahu tadi dengan tepung bumbu atau tepung terigu yang telah diberi garam dan merica secukupnya.
  4. Gorenglah tahu di dalam minyak yang agak banyak karena tekstur tahu susu maupun tahu sutera ini sangat lembut.
  5. Pada saat menggoreng, jangan terlalu sering membalikkan tahu. Baliklah ketika bagian bawah tahu sudah mengering dan berwarna kekuningan.
  6. Jika sudah matang, angkat tahu tersebut lalu tiriskan menggunakan tisu agar minyak yang tersisa dapat terserap.

Selamat menikmati!