5 Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil Pada Bank

Apakah perbedaan antara bunga dan bagi hasil? Berdasarkan sistemnya, terdapat dua jenis bank di Indonesia yaitu bank konvensional dan bank syariah. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis bank tersebut terletak pada batas jasa yang diberikan oleh pihak bank ke nasabah. Bank konvensional menawarkan bunga, sedangkan bank syariah mempunyai sistem bagi hasil. Inilah faktor pembeda utama antara bank konvensional dan bank syariah.
Perlu Anda ketahui, bunga pada bank konvensional bisa dikategorikan sebagai riba dalam hukum islam. Riba adalah tambahan, pertumbuhan, peningkatan, atau ekspansi. Maksudnya di sini, sistem riba mengharuskan penambahan nominal selain pinjaman pokok. Sedangkan suku bunga merupakan persentase pokok utang yang dibayarkan sebagai balas jasa. Besar tingkatan suku bunga dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kebijakan pemerintah dan jangka waktu.
bunga-dan-bagi-hasil.jpg
Terdapat 4 jenis bunga bank yang harus Anda ketahui, antara lain :
  1. Bunga flat adalah bunga yang besarnya selalu sama.
  2. Bunga efektif adalah bunga yang didasarkan pada nilai pokok yang belum terbayar.
  3. Bunga anuitas adalah bunga yang komposisinya dengan nilai pokok selalu berubah, tetapi besar angsuran tetap sama.
  4. Bunga mengambang adalah bunga yang selalu berubah sesuai dengan kondisi suku bunga di pasar.
Sementara itu, sistem bagi hasil sudah ditetapkan sejak awal sesuai akad yang disepakati bersama. Biasanya nilai sistem bagi hasil akan naik seiring dengan meningkatnya laba yang diperoleh.
Ada 3 jenis bagi hasil di antaranya :
  1. Bagi laba dilakukan dengan membagikan keuntungan yang diperoleh. Keuntungan dihitung dari selisih antara pendapatan dan biaya lainnya.
  2. Bagi laba kotor dilakukan dengan membagikan keuntungan yang didapatkan dari laba kotor. Cara menghitungnya yaitu pendapatan usaha dikurangi biaya produksi.
  3. Bagi penghasilan dilakukan dengan membagikan total pendapatan atau penghasilan yang diperoleh.
PERBEDAAN
Adapun perbedaan antara bunga dan bagi hasil yaitu :
  1. Bunga harus untung. Tetapi bagi hasil bisa untung atau rugi.
  2. Bunga disepakati pada awal pembukaan rekening. Sedangkan bagi hasil disepakati pada awal akad perjanjian dibuat.
  3. Perhitungan bunga dilakukan menurut nilai pokok. Berbeda dengan perhitungan bagi hasil didasarkan pada keuntungan yang diperoleh.
  4. Nilai bunga sangat dipengaruhi oleh suku bunga Bank Indonesia. Sementara nilai bagi hasil tidak akan berubah dan tetap sesuai akad yang telah dibuat.
  5. Besar bunga yang diberikan kepada penabung selalu tetap. Namun pada bagi hasil, besarnya bisa meningkat saat bank mendapatkan keuntungan besar.