8 Perbedaan Cokelat Couverture dan Cokelat Compound

Apakah perbedaan cokelat couverture dan compound? Kami yakin Anda pasti suka dengan camilan yang namanya cokelat. Cokelat memang tiada duanya. Bahkan dunia juga mengakui kalau cokelat itu begitu nikmat. Tapi tahukah Anda kalau cokelat ada bermacam-macam jenis. Dua di antaranya yang paling mendasar ialah cokelat couverture dan cokelat compound. Lantaran bahan untuk membuat cokelat-cokelat ini berbeda, maka karakteristik dan cara memperlakukannya pun berbeda.
Cokelat sendiri pada dasarnya dibuat dari biji kakao. Biji-biji kakao ini diproses sedemikian rupa sehingga jadilah cokelat. Kita hanya bisa memperoleh sekitar 80 gram cocoa mass atau cocoa liquor dari 100 gram biji kakao mentah. Cocoa mass/cocoa liquor ini berbentuk pasta. Sedang 20 gram sisanya adalah kulit biji kakao serta bahan-bahan tidak terpakai lainnya. Selanjutnya cocoa liquor diproses menjadi cocoa butter sebanyak 40 gram dan cocoa powder sebanyak 40 gram.
cokelat-couverture-dan-compound.jpg
Cokelat Couverture
Cokelat couverture adalah cokelat berkualitas premium yang dibuat dari campuran cocoa mass dan cocoa butter. Cokelat ini mengandung cocoa butter (lemak cokelat alami) sebanyak 32-39 persen yang dapat meleleh pada suhu tubuh. Inilah yang membuat cokelat couverture segera lumer saat dimakan. Semakin banyak cocoa butter yang digunakan, maka semakin encer dan semakin mahal pula cokelat tersebut. Sedangkan kandungan cocoa mass yang semakin banyak membuat rasanya semakin pahit.
Suatu cokelat layak disebut sebagai cokelat couverture manakala total persentase cocoa butter dan cocoa solidnya minimal adalah 54 persen. Informasi tentang jumlah persentase kandungan cokelat ini biasanya terdapat di label kemasannya. Contohnya angka 74 persen menunjukkan bahwa total campuran cocoa mass dan cocoa butter yang dipakai sebanyak 74 persen. Sementara kandungan 26 persen sisanya berupa gula, vanili, lesitin, dan lain-lain.
Cokelat Compound
Cokelat compound dibuat dari campuran cocoa powder dan lemak nabati. Biasanya cokelat ini terdiri dari 50 persen gula serta 50 persen campuran cocoa powder dan lemak nabati. Yap, cokelat compound memang sengaja diciptakan sebagai alternatif cokelat yang harganya lebih murah. Cokelat ini tidak mudah meleleh sehingga bisa disimpan pada suhu ruangan yang berkisar antara 28-30 derajat celsius. Untuk mengolah kembali cokelat ini sangat mudah tanpa perlu memakai mesin khusus.
Kebanyakan orang menggunakan cokelat compound untuk membuat roti, kue, dan sebagainya karena lebih praktis. Cokelat ini tidak membutuhkan proses tempering sebagaimana pada cokelat compound. Cokelat compound bisa langsung dilelehkan untuk dipakai ke dalam berbagai olahan makanan. Rasa cokelat compound juga lebih manis sebab mengandung banyak gula. Oleh karena itu, cokelat ini biasanya digunakan hanya sebagai cokelat hiasan.
Lantas, bagaimana cara membedakan cokelat couverture dan compound?
Pada dasarnya, mudah sekali kok untuk membedakan antara cokelat couverture dan cokelat compound. Anda hanya perlu membaca informasi komposisi bahan di dalam kemasannya. Jika ada kata cocoa mass dalam bahan pembuatnya berarti cokelat tersebut merupakan cokelat couverture. Sedangkan bila tertulis lemak nabati di labelnya artinya itu merupakan cokelat compound. Perlu Anda ketahui, tidak ada produk yang memakai cocoa mass dan lemak nabati sekaligus karena kedua bahan ini tidak bisa tercampur.
PERBEDAAN
Jadi perbedaan antara cokelat couverture dan cokelat compound antara lain :
  1. Cokelat couverture dibuat dari campuran cocoa powder dan cocoa butter. Sedangkan cokelat compound dibuat dari campuran cocoa powder dan lemak nabati.
  2. Cokelat couverture harus disimpan di bawah suhu 23 derajat celsius. Sementara itu, cokelat bisa disimpan pada suhu ruangan sekitar 28-30 derajat celsius.
  3. Cokelat compound memiliki kandungan gula yang jauh lebih banyak. Bahkan kandungan gula ini bisa mencapai 50 persen.
  4. Cokelat couverture minimal mengandung total persentase cocoa powder dan cocoa butter sebanyak 54 persen dengan kandungan cocoa butter sekitar 32-39 persen.
  5. Cokelat couverture langsung meleleh saat masuk mulut. Berbeda dengan cokelat compound yang harus dikunyah terlebih dahulu untuk melelehkannya.
  6. Cokelat couverture memiliki rasa yang lebih pahit. Tetapi rasa cokelat compound jauh lebih manis.
  7. Cokelat couverture merupakan cokelat premium yang harganya mahal. Namun cokelat compound merupakan alternatif cokelat yang harganya lebih murah.
  8. Cokelat couverture membutuhkan proses pengolahan yang lebih rumit melalui proses tempering. Sedangkan cokelat compound langsung bisa dilelehkan.