Ini Bedanya Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar

Apa sih bedanya rice cooker, magic com, dan magic jar? Makanan pokok bangsa Indonesia ialah nasi, semua orang sudah tahu itu. Nasi dipilih sebab rasanya yang enak, teksturnya pulen, dan tentunya mengenyangkan. Pokoknya nasi wajib ada di setiap acara makan-makan. Hingga muncul suatu candaan, makan sebanyak apapun belum sah kalau belum makan nasi. Yap, nasi sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi masyarakat kita.
Nasi dibuat dari beras putih atau beras merah yang direbus selama beberapa saat sampai tanak dan matang. Dahulu kala, proses memasak nasi ini dilakukan memakai tungku kayu bakar. Kemudian berkembang menjadi kompor minyak tanah dan kompor gas. Kini sudah ada perangkat elektronik khusus yang dapat digunakan untuk menanak nasi. Kita mengenalnya dengan sebutan rice cooker, magis com, dan magic jar. Apa sih beda dari ketiganya?
rice-cooker-magic-com.jpg
Sebelum kita membahas tentang perbedaan rice cooker, magic com, dan magic jar ini, mari kita ketahui lebih lanjut tentang perangkat-perangkat elektronik tersebut!
Apa sih Rice Cooker itu?
Rice cooker adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menanak nasi. Perangkat ini mampu memasak beras yang mentah menjadi nasi yang matang dan siap untuk disantap. Rice cooker ditemukan lebih dulu sebelum magic jar atau magic com. Perangkat ini berguna untuk memudahkan proses memasak nasi pada waktu itu. Sayangnya rice cooker tidak dapat dipakai untuk menghangatkan nasi. Panci rice cooker juga tidak dilapisi anti-lengket (teflon).
Apa sih Magic Jar itu?
Magic jar adalah perangkat elektronik yang berguna untuk menghangatkan nasi. Kebalikan dari rice cooker, perangkat ini justru tidak bisa dipakai untuk menanak nasi. Artinya magic jar juga tidak dapat digunakan untuk merebus, mengukus, atau menggoreng. Kelebihan dari magic jar ialah konsumsi energi listriknya termasuk rendah. Panci yang melengkapi perangkat elektronik ini pun sudah dilapisi dengan lapisan teflon di permukaannya.
Apa sih Magic Com itu?
Magic com adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memasak bahan makanan. Kita bisa menanak nasi, merebus sayur-mayur, membuat bubur, mengukus kue, dan lain-lain. Kita pun dapat menggunakan magic com untuk menghangatkan makanan. Jadi bisa dibilang kalau magic com merupakan gabungan dari rice cooker dan magic jar dengan fungsi tambahan lainnya. Itulah kenapa harga magic com lebih mahal.
Perbedaan
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara rice cooker, magic com, dan magic jar yaitu :
  1. Fungsi
Rice cooker untuk menanak nasi, magic jar untuk menghangatkan nasi, dan magic com untuk memasak makanan termasuk menanak dan menghangatkan nasi.
  1. Harga
Faktor desain dan merek sebenarnya juga mempengaruhi harga produk. Tetapi rata-rata magic jar dibanderol paling murah serta magic com dihargai yang paling mahal.
  1. Listrik
Magic jar paling hemat listrik. Selanjutnya disusul oleh rice cooker. Sedankan magic com membutuhkan listrik sesuai pekerjaan yang sedang dilakukan.