Ini Perbedaan antara Astronot dan Kosmonot

Semua orang mempunyai cita-cita di masa kecil. Selain menjadi dokter dan pilot, beberapa orang juga ingin menjadi seorang astronot. Terbayang kan bagaimana serunya kita melangkah lebih jauh dari Planet Bumi untuk pergi ke planet lain yang sama sekali belum pernah dijamah oleh manusia? Itu sebabnya, walau anak-anak kecil biasanya belum mengetahui tugas utama seorang astronot, tetapi mereka sudah tahu kalau astronot itu akan pergi ke luar angkasa.
Istilah astronot sebenarnya ditujukan khusus untuk para angkasawan yang dilatih dan diberi sertifikasi oleh Amerika Serikat. Dalam hal ini yang berwenang adalah NASA, JAXA, dan ESA. Tentu saja Rusia sebagai pesaing utama Amerika Serikat tidak mau kalah. Para angkasawan yang dilatih dan disertifikasi oleh Badan Antariksa Negara Rusia disebut kosmonot. Selain perbedaan yang mendasar ini, masih banyak perbedaan-perbedaan yang lainnya.
perbedaan-astronot-dan-kosmonot.jpg
Namun sebelumnya mari kita ketahui fakta-fakta menarik tentang astronot dan kosmonot terlebih dahulu!
  • Tahukah Anda, orang pertama yang berhasil pergi ke luar angkasa adalah Yuri Gagarin dari Rusia. Dia mengorbit Bumi selama 108 menit pada 12 April 1961.
  • Dua tahun kemudian, wanita pertama yang pergi ke luar angkasa yaitu Valentina Tereshkova dari Rusia. Dari mulai 19 Juni 1963, dia mengorbit bumi selama 3 hari.
  • Sedangkan astronot asal Amerika Serikat yang pertama sekaligus menjadi pria kedua di dunia yang berhasil ke luar angkasa ialah Alan Shepard.
  • Sementara itu, wanita pertama asal Amerika Serikat sekaligus menjadi wanita kedua di dunia yang ke luar angkasa bernama Sally Ride
  • Nah untuk wanita keturunan Amerika-Afrika pertama yang pergi ke luar angkasa ialah Mae Jemison. Bahkan dia pergi ke luar angkasa sebanyak dua kali pada 1983 dan 1992.
  • Orang paling muda yang pernah ke luar angkasa adalah Gherman Titov. Dia berhasil ke luar angkasa pada umur 25 tahun mengendarai Vostok II.
  • Sedangkan untuk orang tertua yang pernah pergi ke luar angkasa yakni John Glenn. Dia berkesempatan ke luar angkasa saat usianya telah mencapai 77 tahun.
Yuk, kita ketahui lebih lanjut tentang astronot dan kosmonot!
Apa itu Astronot?
Astronot adalah orang yang dilatih dan diberikan sertifikatnya oleh NASA, JAXA, atau ESA untuk bekerja di luar angkasa. Kebanyakan astronot berasal dari Amerika Serikat, meskipun tidak menutup kemungkinan orang-orang dari negara lain pun bisa menjadi seorang astronot asalkan memenuhi syarat dan ketentuan.
Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seorang astronot yaitu :
  1. Memiliki usia maksimal 40 tahun
  2. Mendapatkan bachelor of science
  3. Lulus dari sekolah militer Amerika Serikat
  4. Memiliki tinggi badan maksimal 5 inch 11 feet
  5. Mempunyai jam terbang minimal 1500 jam
Apa itu Kosmonot?
Kosmonot adalah orang yang dilatih dan diberikan sertifikatnya oleh Badan Antariksa Rusia untuk bekerja di luar angkasa. Kebanyakan kosmonot merupakan perwira militer yang dipilih dari Angkatan Udara Militer Negara Rusia.
Berikut ini kualifikasi dari seorang kosmonot yang harus dipenuhi :
  1. Berumur tidak lebih dari 30 tahun
  2. Lulus dari angkatan udara militer Rusia
  3. Tinggi badan maksimal ialah 5 inch 7 feet