Inilah 4 Perbedaan Rumput dan Legum

Apakah perbedaan antara rumput dan legum? Rumput dan juga legum biasa ditanam atau tumbuh secara liar di padang gembala savana atau stepa sebagai pakan binatang ternak. Nilai keduanya terbatas untuk konservasi pakan sebab daunnya akan gugur pada kondisi yang kering. Rumput dan legam biasanya tumbuh dengan baik di tanah ringan yang bebas dari genangan air serta memiliki kesuburan yang rendah sampai sedang. Bahkan untuk rumput sendiri mampu tumbuh di kondisi cuaca yang ekstrem.
Mengapa peternak memilih rumput dan legum sebagai pakan bagi binatang peliharaannya? Ini dikarenakan tumbuhan tersebut mudah didapatkan. Penanaman kedua tumbuhan tersebut pun sangat mudah. Tingkat pertumbuhannya tinggi dengan penyebaran tanaman yang cepat sekali. Selain itu, rumput dan legum juga tidak terlalu membutuhkan pupuk yang cukup banyak. Tanaman-tanaman ini pun bisa tumbuh dengan baik di tanah asam serta produksi bijinya cukup tinggi.
perbedaan-rumput-dan-legum.jpg
Rumput dikenal sebagai tumbuhan yang daunnya cukup panjang dan berbentuk menyerupai pisau. Rumput tidak memiliki batang. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai kondisi media tanam dengan cuaca yang ekstrem. Di Indonesia khususnya, rumput dapat diperoleh dengan mudah di ladang, kebun, dan lahan pertanian sebagai gulma. Namun sayangnya tingkat palabilitas yang dimiliki oleh rumput ini terbilang rendah. Rumput juga tidak mempunyai kandungan nutrisi yang signifikan.
Sementara itu, legum merupakan tumbuhan yang memiliki batang dan daun. Legum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi terutama pada CP, mineral, dan vitamin. Tanaman ini juga mempunyai sedikit kandungan TDN, CF, lemak, dan phosphor. Binatang ternak pasti butuh kandungan nutrisi-nutrisi tersebut untuk mendukung kehidupannya. Kelebihan lain dari legum adalah dapat mengikat nitrogen yang berguna untuk menyuburkan tanah. Tanaman ini bekerja sama dengan mikroba yang hidup di dalam tanah dalam mengikat unsur nitrogen.
PERBEDAAN
Dan berikut ini merupakan perbedaan-perbedaan yang paling mendasar antara rumput dengan legum menurut ciri khas dan kandungan nutrisi di dalamnya!
Rumput
  1. Tumbuhan yang mempunyai daun panjang menyerupai pisau.
  2. Bisa tumbuh di segala kondisi tanah dan cuaca.
  3. Tingkat palabilitas yang dimiliki rendah.
  4. Tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak.
Legum
  1. Tumbuhan dengan batang dan daun yang sebenarnya.
  2. Umumnya kaya akan kandungan CP, mineral, dan vitamin daripada rumput.
  3. Mengandung sedikit TDN, CF, lemak, atau phosphor
  4. Dapat bekerja sama dengan mikroba di dalam tanah untuk mengikat nitrogen.