Membedakan Burung Sikatan Londo Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan burung sikatan londo? Burung sikatan londo merupakan burung kicauan yang memiliki postur tubuh kecil dengan suara yang bervariasi. Beberapa orang juga mengenalnya dengan sebutan burung srikatan. Ciri khas burung ini mempunyai ukuran tubuh antara 15-16 cm diukur dari paruh sampai ujung ekornya. Tubuhnya didominasi oleh bulu yang berwarna cokelat keputih-putihan. Burung sikatan merupakan omnivora yang suka memakan buah-buahan dan serangga kecil.
Burung sikatan londo pada awalnya berasal dari Amerika bagian utara dan barat. Lambat laun, burung ini menyebar ke Daratan Eropa hingga Asia. Di habitat alaminya, burung sikatan londo senang membuat sarang di dalam semak belukar. Seekor burung sikatan londo betina mampu menghasilkan telur sekitar 4-5 butir. Bagian punggung dan sayap burung ini dipenuhi oleh bulu berwarna cokelat. Sedangkan bulu di bagian dadanya berwarna abu-abu. Burung ini memiliki paruh berwarna kuning serta mata berwarna hitam dengan kacamata tipis seperti burung pleci.
burung-sikatan-londo.jpg
Antara burung sikatan londo jantan dan betina dapat dibedakan menurut karakteristik, tingkah laku, dan suaranya.
Burung Sikatan Londo Jantan
Burung sikatan londo jantan mempunyai postur tubuh yang berukuran lebih besar daripada si betina. Kurang lebih ukuran tubuhnya mencapai 15-16 cm jika diukur dari bagian ujung paruh hingga ke ujung ekornya. Sikatan londo jantan termasuk burung berkicau yang aktif berbunyi. Bahkan suara kicauannya pun sangat bervariasi. Begitu pula dengan nada suaranya terdengar lebih keras dan tinggi daripada sikatan londo betina. Selain itu, burung sikatan londo jantan mempunyai bulu yang berwarna lebih cerah.
Burung Sikatan Londo Betina
Berbanding terbalik dengan burung sikatan londo jantan, postur tubuh burung sikatan londo betina ini lebih kecil tetapi bentuknya lebih membulat. Meskipun ada pula beberapa burung sikatan londo betina yang berukuran lebih besar. Warna bulu di tubuhnya pun tidak terlalu menarik dan cenderung kusam. Demikian juga dengan warna suaranya yang monoton, tidak bervariasi, dan tidak terlalu merdu. Nada kicauannya pun lebih pelan tidak selantang sikatan londo jantan. Umumnya warna bulu di tubuh bagian bawahnya lebih putih.
PERBEDAAN
Jadi perbedaan antara burung sikatan londo jantan dan burung sikatan londo betina yaitu :
  1. Burung sikatan londo jantan berukuran lebih besar daripada burung betina.
  2. Suara burung sikatan londo jantan lebih merdu dibandingkan si betina.
  3. Warna bulu burung sikatan londo jantan lebih cerah ketimbang betinanya.