Perbedaan Kain Organza dan Kain Organdi

Apakah perbedaan antara kain organza dan organdi? Dunia fashion akan terus mengalami perkembangan setiap waktu. Contohnya tren fashion tahun ini yang banyak menggunakan bahan organza dan organdi, khususnya dalam membuat hijab. Dari namanya saja kita bisa menebak kalau kain organza dan kain organdi ini sangat mirip. Namun tentu saja keduanya tidak sama. Lantas, apa sih bedanya kain organza dan organdi itu?
Anda yang ingin tampil stylish perlu mengikuti tren fashion setiap saat. Salah satunya tren soal penggunaan bahan kain untuk membuat suatu busana. Tahukah Anda, selera dunia soal pemilihan kain ini terus berubah seiring dengan berjalannya waktu? Di tahun 2018 ini, kain organza dan kain organdi yang menjadi primadonanya. Kedua kain ini biasanya dipakai untuk membuat busana yang bersifat formal.
perbedaan-organza-dan-organdi.jpg
Kali ini kita akan mencoba membahas perbedaan seputar kain organza dan kain organdi secara lengkap.
Perbedaan 1. Bahan Baku Pembuatan
Kain organdi memang dibuat dengan cara yang mirip sekali dengan kain organza. Hanya saja bahan baku untuk membuat kain organza dan organdi jelas benar-benar berbeda. Kain organza dibuat dari serat sutera. Sedangkan kain organdi lebih sering dibuat memakai serat kapas dan kadang-kadang dicampur dengan poliester. Dari sini saja Anda sudah bisa memahami kalau kain organza dan kain organdi memang tidak sama.
Perbedaan 2. Penggunaan Bahan
Ada 3 jenis kain organdi yaitu kain yang lembut, semi-kaku, dan kaku. Kain organdi yang lembut dan semi-kaku biasanya digunakan untuk membuat pakaian musim panas. Sementara untuk kain organdi jenis kaku sering dipakai untuk membuat gorden dan dress. Berbeda dengan kain organza yang merupakan kain ringan yang ditenun dengan pola pattern yang sama seperti organdi. Namun bedanya kain organza ini terlihat mengkilap sebab memiliki kemampuan memantulkan cahaya.
Perbedaan 3. Sifat dan Karakteristik
Saat ini kain organza begitu diminati sebagai bahan pembuatan hijab. Organza mempunyai ciri-ciri yaitu kainnya lebih tebal ketimbang organdi serta kilauannya lebih lembut. Bahan ini juga cocok banget dipakai untuk membuat busana loh. Sementara itu, sifat-sifat kain organdi hampir mirip dengan organza premium. Tetapi kain ini lebih tipis, teksturnya licin, dan lebih berkilau. Sehingga busana organdi cocoknya dikenakan saat acara pesta.
Perbedaan 4. Padu Padan
Karena mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda, tentu padu padan memakai kedua kain ini pun berbeda. Kain organza lebih cocok dikombinasikan dengan kebaya sehingga Anda yang mengenakannya akan tampak lebih elegan. Sedangkan kain organdi cocoknya dipadankan dengan busana gamis. Pemakaian hijab organdi akan membuat penampilan Anda lebih mewah. Namun sah-sah saja bila Anda ingin menyandingkannya dengan busana lain.