Perbedaan Kelapa Ijo dan Kelapa Muda

Apakah perbedaan kelapa ijo dan kelapa muda? Kelapa (Cocos nucifera) adalah tanaman tropis yang termasuk dalam suku pinang-pinangan (Arecaceae). Pohon kelapa biasanya tumbuh subur di pesisir pantai. Namun kini sudah banyak dibudidayakan pohon kelapa di berbagai daerah. Hal tersebut tidak terlepas dari kegunaan pohon ini yang begitu banyak. Kelapa sawit memiliki manfaat pada batang, daun, lidi, bunga, akar, dan buahnya.
Khusus buah kelapa juga mempunyai manfaat di semua bagiannya. Lapisan kulit bisa diolah menjadi pupuk kompos, serabut kelapa bisa digunakan sebagai media tanam tumbuh-tumbuhan, tempurung kelapa untuk arang bakar, daging buah kelapa merupakan bahan baku pembuatan santan dan minyak kelapa, serta air kelapa menjadi minuman pelepas dahaga. Yap, pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki sejuta manfaat.
Ada banyak orang yang suka meminum air kelapa sebab rasanya memang menyegarkan. Hingga kini banyak penjual air kelapa di pinggir-pinggir jalan raya sampai restoran. Tetapi tahukah Anda, ada dua jenis kelapa yang biasa dijual untuk diambil airnya yaitu kelapa ijo/hijau dan kelapa muda. Kebanyakan orang lebih memilih membeli buah kelapa ijo meskipun harganya lebih mahal. Kelapa ini memang berbeda dari kelapa muda.
kelapa-ijo-kelapa-muda.jpg
Berikut ini perbedaan antara kelapa ijo dan kelapa muda, antara lain :
  • Kelapa ijo mempunyai kandungan air yang lebih banyak daripada kelapa muda. Oleh karena itu, kelapa ijo lebih menyegarkan.
  • Rasa air kelapa ijo lebih manis. Sedangkan rasa manis pada kelapa muda samar-samar karena bercampur rasa gurih.
  • Daging buah kelapa ijo memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Berbeda dengan daging buah kelapa muda yang teksturnya agak keras.
  • Kelapa ijo mengandung lapisan daging buah yang lebih tipis. Semakin tua usianya, maka lapisan daging buah kelapa muda akan semakin tebal.
  • Kelapa ijo memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada kelapa muda sehingga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu.
  • Berbeda dengan kelapa muda, kelapa ijo sering kali digunakan di dalam upacara keagamaan. Kelapa ini juga sering digunakan sebagai sesajen.
  • Buah kelapa ijo dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang kelapa muda. Bahkan selisihnya bisa mencapai dua kali lipat.
Air kelapa mengandung bayak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini 15 manfaat-manfaat air kelapa di antaranya :
  1. Menyejukkan dahaga
  2. Mengganti cairan di dalam tubuh
  3. Mencegah gangguan pencernaan
  4. Mengobati luka
  5. Membersihkan racun dari tubuh
  6. Menjadi infus di situasi yang mendesak
  7. Mengontrol penyakit jantung dan diabetes
  8. Menyembuhkan infeksi urine
  9. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin
  10. Menyehatkan rambut
  11. Mendukung fungsi organ jantung
  12. Membantu mengatur tekanan darah
  13. Membuat kulit menjadi sehat
  14. Memperlancar pengeluaran air seni
  15. Menyembuhkan berbagai penyakit