Ini 3 Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina

Ikan koi adalah ikan air tawar yang mempunyai corak warna yang sangat menarik serta pola perilaku yang aktif sekali. Maka tak heran ada banyak penghobi yang suka memelihara ikan yang satu ini. Ikan koi biasanya dipelihara di dalam kolam yang berukuran cukup luas. Dengan begini, ikan-ikan tersebut bisa bergerak leluasa dan aktif berenang kesana kemari. Kita yang melihatnya pun akan merasa senang dengan tingkah laku ikan-ikan koi tersebut.
Tidak sedikit orang-orang yang pada awalnya sekadar hobi memelihara ikan koi kemudian berlanjut menjadi peternak ikan koi. Yap, tidak ada salahkan kan kita mengambil keuntungan atas hobi yang telah dijalani? Tentu akan terasa sangat menyenangkan jikalau hobi Anda bisa mendatangkan keuntungan. Guna mewujudkan impian ini, Anda harus sanggup membedakan antara ikan koi jantan dan betina untuk keperluan pemijahan.
perbedaan-ikan-koi-jantan-betina.jpg
Ikan Koi Jantan
Semua ikan koi pada awalnya memang mempunyai kulit yang terasa lembut di sekujur tubuh. Namun memasuki usia 7-8 bulan, tekstur bagian pipi ikan koi jantan akan berubah menjadi kasar. Begitu pula dengan tekstur sirip dada terasa kasar seperti adanya butiran-butiran pasir. Anda bisa meraba dengan tangan untuk merasakannya. Soal postur tubuh, ikan koi jantan memiliki tubuh yang besar, kekar, dan memanjang. Postur punggungnya pun lebih langsing dan terlihat menyempit ke ekor.
Ikan Koi Betina
Di rentang usia yang sama, ikan koi betina memiliki tubuh yang berukuran lebih besar daripada ikan koi jantan. Posturnya tampak lebih membulat dan membesar di bagian perut. Begitu pula dengan postur tulang punggungnya yang tampak melebar. Ikan koi betina mempunyai kulit yang bertekstur lebih halus di sekujur tubuhnya. Anda bisa merasakan sendiri mulai dari bagian kepala, perut, hingga ekor. Permukaan kulit ikan tersebut terasa halus sekali. Tidak ada ikan koi betina yang tekstur kulitnya kasar.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina, antara lain :
  1. Ikan koi jantan memiliki postur tubuh yang lebih kecil daripada ikan koi betina pada rentang umur yang sama.
  2. Bentuk punggung ikan koi jantan terlihat memanjang hingga ke ekor. Sedangkan bentuk punggung ikan koi betina melebar di perut.
  3. Tekstur kulit di bagian pipi dan sirip dada ikan koi jantan terasa kasar. Sementara ikan koi betina mempunyai tekstur yang halus di sekujur tubuhnya.