Inilah Perbedaan antara Sulap dan Sihir

Apa sih perbedaan antara sulap dan sihir? Indonesia merupakan negeri sejuta pesona yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang luar biasa banyaknya. Pada pembahasan kali ini, kami akan berbicara tentang sulap dan sihir. Pertunjukan sulap kini ramai ditayangkan di televisi karena memang sangat menghibur. Namun sayangnya masih banyak orang yang menganggap kalau pertunjukan sulap tersebut memanfaatkan ilmu sihir.
Tak sedikit orang Indonesia yang masih bingung tentang sulap dan juga sihir. Apakah keduanya mempunyai makna yang sama? Apakah sulap itu termasuk sihir, begitu pula sebaliknya? Ternyata sulap dan sihir memiliki perbedaan yang tipis sekali. Jadi Anda tak bisa menyamakan antara sulap dengan sihir. Sulap berbeda dengan sihir. Demikian juga sihir tidak sama dengan sulap. Perbedaan tentang keduanya akan kami jelaskan berikut ini!
perbedaan-sulap-dan-sihir.jpg
Sulap
Sulap pada dasarnya merupakan sebuah trik yang dilakukan untuk mempengaruhi penonton melalui tipu daya yang semata-mata ditujukan untuk hiburan. Sulap juga bisa diartikan sebagai suatu seni pertunjukan yang mengandalkan trik di dalamnya. Karena sulap hanya sekadar trik, maka semua orang bisa melakukannya. Tidak jarang seorang pesulap juga membagi-bagikan trik sulapnya ke penonton di akhir pertunjukannya. Contoh sulap misalnya menghilangkan uang tetapi sebenarnya pesulap hanya menyembunyikan uang tersebut dari pandangan.
Sihir
Sihir adalah ilmu ghaib yang bersifat negatif. Sihir memanfaatkan kekuatan dari alam dalam menunjang prakteknya. Umumnya seorang penyihir akan bekerja sama dengan makhluk ghaib seperti setan dan jin pada saat melakukan sihir. Jadi misalnya seorang penyihir hendak menghilangkan uang, maka uang tersebut benar-benar hilang dari dunia nyata, tetapi berpindah tempat ke dunia ghaib. Sihir merupakan sebuah ilmu yang biasanya diwariskan secara turun-temurun. Sihir biasanya dipakai untuk mencelakai seseorang.
Perbedaan
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara sulap dan sihir yang perlu Anda ketahui :
  1. Sulap adalah sebuah trik. Sedangkan sihir merupakan ilmu nyata.
  2. Sulap mengandalkan kecepatan dan kelihaian. Sihir mengharuskan kita bekerja sama dengan makhluk ghaib.
  3. Sulap bisa dipelajari siapa pun. Sementara itu, hanya orang-orang tertentu saja yang boleh mempelajari sihir.
  4. Sulap hanya digunakan sebagai media hiburan. Berbeda dengan sihir yang ditujukan untuk mencelakai orang lain.
  5. Sulap tidak berdampak apapun pada diri sendiri. Sedangkan penyihir akan menerima azab saat di akhirat nanti.