Perbedaan antara Batu Akik dan Batu Giok

Batu akik dan batu giok termasuk ke dalam batu mulia. Batu mulia adalah batu-batuan yang mempunyai kekerasan, ketahanan, dan keindahan serta memiliki nilai. Yap, batu akik dan batu giok memiliki harga yang menandakan nilainya. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga batu antara lain kelangkaan, tingkat kekerasan, dan keindahannya. Kedua jenis batu ini sering kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan.
Salah satu skala yang digunakan untuk mengukur kualitas batu mulia ialah mohs. Skala ini berada di kisaran antara 1-10. Semakin besar angka yang ditunjukkan oleh skala ini, semakin keras pula struktur yang dimilikinya. Batu akik umumnya mempunyai tingkat kekerasan pada skala sekitar 2-4 mohs. Sedangkan untuk batu giok sendiri memiliki tingkat kekerasan berkisar 4-7 mohs. Dari sini sudah bisa diketahui kalau batu akik berbeda dengan batu giok.
perbedaan-batu-akik-giok.jpg
Batu Akik
Jenis-jenis batu akik yang dijual di pasaran umumnya memiliki tingkat kekerasan yang paling rendah dibandingkan dengan batu mulia lainnya. Rata-rata tingkat kekerasannya berada di kisaran 2-4 di dalam skala mohs. Batu akik umumnya terbentuk selama puluhan hingga ratusan tahun yang. Batu ini memiliki warna yang kusam, tidak terlalu jernih, dan ada kotorannya. Warna batu akik sendiri dipengaruhi oleh proses mineralisasi dan bahan-bahan penyusunnya.
Batu Giok
Batu giok mempunyai penampilan yang jernih. Bahkan jika dibandingkan dengan batu giok, rata-rata batu ini lebih bersih dan lebih halus. Batu giok termasuk ke dalam batu mulia level menengah. Nilainya dipengaruhi oleh tingkat keindahan yang dimilikinya. Batu giok umumnya berwarna hijau, jernih, dan memiliki tingkat kekerasan antara 4-7 dalam skala mohs. Salah satu contoh batu giok yang terkenal mempunyai kualitas yang sangat baik adalah bau giok idograce.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara batu akik dan batu giok ditinjau dari berbagai faktor, antara lain :
  1. Tingkat kekerasan batu akik lebih rendah dibandingkan dengan batu giok.
  2. Batu akik memiliki warna bermacam-macam. Batu giok hanya berwarna hijau.
  3. Warna batu giok lebih bersih dan lebih jernih ketimbang warna batu akik.
  4. Nilai batu giok lebih tinggi daripada batu akik sehingga harganya lebih mahal.
  5. Proses pembentukan batu giok juga memakan waktu yang jauh lebih lama.