Perbedaan Kartu Memori SD, SDHC, SDXC, dan UHS

Tidak dipungkiri kalau kita membutuhkan kartu memori untuk mendukung kinerja gadget yang dimiliki. Kartu ini mempunyai peranan sebagai media penyimpanan tambahan bagi gadget sehingga dapat menyimpan file dalam jumlah yang lebih banyak. Rata-rata gadget seperti HP, kamera digital, atau music player memang memiliki kapasitas penyimpanan bawaan yang tidak terlalu besar. Nah, adanya kartu memori ini membantu pengguna untuk menambah kapasitas penyimpanan gadget tersebut.
Tahukah Anda, produk kartu memori yang beredar di pasaran terdiri dari beragam jenis? Selain dari segi ukurannya, kemampuan kartu memori tersebut juga berbeda-beda. Terutama pada kartu memori tipe SD card yang ternyata terdiri dari berbagai jenis. Ada SD card yang memiliki kemampuan rata-rata, tetapi ada pula SD card yang mempunyai kemampuan penyimpanan yang sangat besar hingga setara dengan harddisk dengan tingkat kecepatan membaca yang juga sangat mengagumkan.
perbedaan-kartu-memori.jpg
Ada baiknya bagi Anda sedang berniat untuk membeli kartu memori mencermati perbedaan-perbedaan berikut ini.
SD card Standar
SD card standar adalah kartu memori tipe SD generasi awal yang pertama kali diciptakan. Kartu ini memiliki kapasitas penyimpanan data yang berkisar antara 64 MB sampai 2 GB. Jenis format bawaan yang digunakannya ialah FAT16. Kartu memori tipe SD card standar ini kompatibel terhadap perangkat-perangkat yang mendukung semua tipe kartu memori SD, baik itu SD, SDHC, atau SDXC.
SDHC (SD High Capacity)
Kartu memori SDHC (SD High Capacity) merupakan kartu memori yang berbasis pada SDA 2.0. Kartu memori ini memiliki kemampuan penyimpanan data yang berada di kisaran 4 GB hingga 32 GB. Jenis format bawaan yang digunakannya adalah FAT32. Kartu memori SDHC tidak kompatibel dengan perangkat yang mendukung SD card standar karena proses kerjanya yang berbeda. Namun faktanya ialah hampir semua perangkat yang diproduksi pada tahun 2008 ke atas telah mendukung kartu memori SDHC ini.
SDXC (SD Extended Capacity)
Kartu memori SDXC (SD Extended Capacity) merupakan pengembangan dari kartu memori SDHC. Kartu memori ini berbasis pada SDA 3.0. Kartu memori SDXC memilik kapasitas tempat penyimpanan data sekitar 64 GB sampai dengan 2 TB. Format bawaan yang digunakan pun berbeda dari SDHC, di mana SDXC ini memakai format yang bertipe exFAT. Umumnya kartu memori SDXC tidak kompatibel dengan perangkat yang mendukung SD atau SDHC karena memiliki proses kerja yang berbeda.
UHS (Ultra High Speed)
UHS menyatakan tingkat kecepatan suatu perangkat dalam membaca file yang ada di dalam kartu memori. Saat ini generasi terbaru dari SDHC dan SDXC sudah dibekali dengan teknologi UHS I dan UHS II. UHS mempunyai tingkat kecepatan transfer mencapai 50 MBps (UHS-50) dan 104 MBps (UHS-104). Berbeda dengan UHS II yang memiliki tingkat kecepatan transfer hingga 156 MBps dan 312 MBps. Kartu memori UHS sendiri bisa digunakan oleh semua perangkat.
PERBEDAAN
Perbedaan antara beberapa jenis kartu memori di atas hanya terbatas pada format bawaan yang digunakan serta kapasitas penyimpanan yang dimilikinya. Selain itu, tidak ada lagi faktor-faktor yang bisa membedakannya secara mencolok. Sedangkan untuk tingkat kecepatannya dipengaruhi oleh kelas kartu memori tersebut. Kartu memori terbagi menjadi lima kelas yaitu 2, 4, 6, 8, dan 10. Pada kelas 2, kecepatan transfer data minimum adalah 2 MBps. Begitu pula dengan kelas 4 yang memiliki kecepatan transfer data minimum 4 MBps dan seterusnya.